Medan (ANTARA) - Senat Universitas Negeri Medan menetapkan tiga calon Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) periode 2023-2027, demikian sidang yang langsung dipimpin oleh Ketua Senat Prof Dr Syawal Gultom, MPd, di Gedung Administrasi Unimed, Kamis.

Sidang dihadiri utusan dari Kemendikbudristek yakni Andi Irawan, Adi Sulistyo, dan staf Diktiristek, dan 52 anggota Senat Unimed. Sebelum dilakukan penyaringan calon rektor, Ketua Senat memberi kesempatan kepada empat bakal calon Rektor Unimed untuk menyampaikan visi misi di hadapan seluruh anggota senat dan utusan dari Kemdikbudristek.

Empat bakal calon Rektor tersebut, yakni Dr Marice, M.Hum; Dr Jamalum Purba, M.Si; Dr Erond Litno Damanik, M.Si. dan Prof Dr Baharuddin, ST, MPd.

Dalam paparannya, Dr Marice, M.Hum, menyampaikan visi untuk menciptakan Unimed menjadi pusat unggulan dalam menghasilkan lulusan berkarakter, mengembangkan inovasi industri dan budaya untuk pembangunan ekonomi bangsa.

Baca juga: Unimed terima 2.444 mahasiswa baru jalur SNBP 2023

Baca juga: Rektor Unimed: Kegiatan ilmiah diharapkan jadi pemantik generasi muda


"Misi kami untuk mengembangkan dan menerapkan inovasi pendidikan serta pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkarakter dalam mewarnai perubahan, mengembangkan inovasi industri melalui riset masa depan dengan pendekatan inter disiplin, multidisiplin dan transdisiplin," ucap Marice.

Sementara Dr Jamalum Purba, MSi tetap melanjutkan visi Unimed sebelumnya menjadi Universitas yang unggul di bidang Pendidikan, Rekayasa Industri dan Budaya. "Program kerja kami, melanjutkan program kerja Rektor sebelumnya, menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik yang profesional dan berkarakter, menghasilkan peneliti baik di bidang ilmu pendidikan maupun ilmu murni," katanya.

Kemudian Dr Erond Litno Damanik, MSi menyampaikan visinya, yakni menjadikan Universitas Bereputasi dan Berkarakter atas Penyelenggaraan Tri Dharma, dengan misi Menyelenggarakan & mengembangkan Tri Dharma secara bertanggungjawab.

Kandidat terakhir Prof Dr Baharuddin, ST, MPd menyampaikan visinya Menjadi Universitas Unggul dan Berdaya Saing Global dalam Penyelengaraan Tridharma Perguruan Tinggi, serta Pengembangan IPTEKS dan Budaya.

"Kami akan melakukan peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan efektivitas dan efisiensi pengelolaan institusi," ujar Baharuddin.

Setelah menyampaikan visi misi, dilakukan penyaringan calon rektor melalui pemilihan yakni seluruh anggota senat untuk memilih secara tertutup di tempat pemilihan suara yang sudah ditentukan panitia pemilihan rektor.

Setelah dilakukan pemilihan dan perhitungan kertas suara, diperoleh suara terbanyak adalah Prof Dr Baharuddin, ST, MPd mendapatkan 46 suara, Dr Erond Litno Damanik, MSi memperoleh 3 suara, Dr Marice, MHum memperoleh 2 suara, dan Dr Jamalum Purba, MSi memperoleh 1 suara.

Ketua Senat Prof Syawal Gultom menyampaikan rasa syukur, karena rapat senat hari ini dengan agenda penyaringan Calon Rektor Unimed Periode 2023 – 2027 berjalan dengan lancar, aman dan tidak ada kendala.

Syawal mengatakan dalam rapat senat menetapkan dan mengesahkan tiga calon rektor hasil penyaringan yaitu 1. Prof Dr Baharuddin, ST, MPd, 2. Dr Erond Litno Damanik, MSi, dan 3. Dr Marice, M.Hum.

Selanjutnya akan menyampaikan hasil penetapan Calon Rektor Unimed kepada Mendikbud Ristek. "Semoga semua tahapan Pemilihan Rektor Unimed dapat berjalan dengan lancar, sukses dan menghasilkan keputusan terbaik demi kemajuan Unimed ke depan dan menjadi kampus yang maju dan berkelas dunia," kata Syawal.*

Baca juga: Rektor: Semua prodi di Unimed harus meraih akreditasi unggul

Baca juga: Direktur Keuangan ANTARA edukasi mahasiswa kembangkan potensi diri

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023