Nominal bantuan masing-masing sebesar Rp20 juta.
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat merealisasikan pemberian bantuan berupa perbaikan rumah korban terdampak musibah angin puting beliung yang melanda empat desa di tiga kecamatan pada Februari 2023 lalu.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan sesuai janji dari Pemkab Bekasi pada Februari lalu, saat ditetapkan tanggap darurat bencana, selain banjir juga terjadi angin puting beliung yang mengakibatkan kerusakan rumah warga di Kecamatan Tambun Selatan, Sukatani, dan Tambelang.

"Kalau banjir hanya rumah yang terendam saja, tapi kalau angin puting beliung seperti di Tambun Selatan ini mengakibatkan rumah warga rusak berat. Hari ini kami salurkan bantuan sebagai realisasi bahwa pemerintah membantu perbaikan rumah," katanya, di Cikarang, Kamis petang.

Dia mengatakan warga penerima bantuan ini merupakan pemilik rumah yang mengalami kerusakan kategori berat hingga tidak bisa ditinggali lagi akibat kerusakan tersebut.

"Kalau untuk rusak sedang sudah terlebih dahulu kami salurkan bantuan material berupa asbes, semen, serta bantuan lain," katanya lagi.

Dani menjelaskan bantuan pembangunan rumah yang diberikan mengacu standar perbaikan program rumah tidak layak huni (rutilahu) melalui fasilitasi dan kegiatan lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) serta badan keswadayaan masyarakat (BKM) yang ada di desa.

"Dikarenakan tidak semua masyarakat paham tentang konstruksi, cara membeli material serta mendirikan bangunan, karena itu kami bangun melalui LPM dan BKM yang sudah terbiasa membantu rutilahu agar bantuan ini terwujud menjadi rumah yang lebih baik," katanya lagi.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Bekasi Nur Chaidir mengatakan bantuan pembangunan rumah terdampak puting beliung diberikan kepada 11 kepala keluarga di tiga kecamatan.

"Nominal bantuan masing-masing sebesar Rp20 juta. Bantuan ini sifatnya stimulan, jadi dengan adanya bantuan pemerintah ini diharapkan masyarakat bersemangat ikut membantu serta saling gotong royong," katanya pula.

Selain bantuan warga terdampak puting beliung, Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan juga menyerahkan bantuan sosial kepada 10 balita terindikasi stunting berupa paket pemberian makanan tambahan di lokasi yang sama.
Baca juga: Pemkab Bekasi gotong royong bantu warga terdampak puting beliung
Baca juga: Puluhan rumah di Bekasi rusak diterjang puting beliung


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023