rutenya sudah satu arah
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memperpanjang uji coba rekayasa lalu lintas lampu merah Santa, Jakarta Selatan atau persimpangan Jalan Wijaya 1, Jalan Wolter Monginsidi, dan Jalan Suryo untuk mengurangi kemacetan.

"Mungkin satu minggu ini mereka sudah tahu bahwa ini rutenya sudah satu arah," kata Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui di kawasan Wolter Monginsidi, di Jakarta, Jumat.

Adapun arus lalu lintas dari Jalan Wijaya I atau Antasari yang sebelumnya bisa menuju Jalan Tendean, maka dialihkan ke Jalan Wolter Monginsidi arah Gunawarman-Trunojoyo.

Sedangkan dari arah Jalan Suryo yang sebelumnya bisa menyebrang ke Jalan Wijaya 1, dialihkan ke Jalan Wolter Monginsidi arah Tendean.
 
 
"Nantinya Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto akan memerintahkan jajarannya tentunya bersama pihak Dishub DKI untuk melihat titik-titik tersebut," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menambahkan pihaknya mengidentifikasi kawasan perempatan Santa tersebut sebagai salah satu penyebab kemacetan ruas jalan.
 
Menurut dia, sejauh evaluasi dari penutupan ruas jalan tersebut menunjukkan peningkatan kerja menjadi lebih efektif karena mengurangi kemacetan. Meskipun ada beberapa warga yang protes akan kebijakan itu.
 
"Jadi mari kita sama-sama untuk tetap mengedepankan prinsip kepentingan umum," tuturnya.

Senada, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menuturkan kawasan perempatan ini menjadi atensi pemerintah karena menjadi sentra masyarakat yang didominasi pekerja kantoran mulai dari Mabes Polri, Kementerian PUPR hingga SCBD.
 
"Ini rekayasa masih sementara, besok taman sekitar perempatan ini akan dibersihkan untuk menjadi jalan," ujar Karyoto.
 
Dengan demikian, menurut Karyoto jika uji coba rekayasa lalu lintas ini hasilnya terbilang efektif terhitung sejak Rabu (5/4) hingga seminggu ke depan, maka kebijakan tersebut akan dipermanenkan.
 
Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di lampu merah Santa atau persimpangan Jalan Wijaya 1, Jalan Wolter Monginsidi, dan Jalan Suryo pada 5 hingga 12 April 2023.

Baca juga: Dishub DKI bahas penerapan sanksi pemilik mobil tak punya garasi

Baca juga: Dishub DKI: Tidak ada kenaikan harga tiket bus ekonomi

Baca juga: Indeks kemacetan DKI Jakarta naik posisi ke-29 kota termacet di dunia

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023