Surabaya (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Surabaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada 2-4 Mei 2023.

"Alhamdulillah Universitas Muhammadiyah Surabaya dipilih menjadi tuan rumah Rakernas pada pada 2-4 Mei," kata Rektor UM Surabaya Sukadiono di Surabaya, Jumat.

Baca juga: Guru Besar UMS: Perppu selamatkan putusan MK soal UU Ciptaker

Sukadiono mengatakan agenda tersebut bakal dihadiri sejumlah tokoh nasional, antara lain Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, Plt. Dirjen Dikti Kemendikbudristek Prof. Dr. Nizam, M.Sc, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Semoga semuanya bisa hadir di UM Surabaya dan menjadi pembicara kunci pada agenda Rakernas mendatang," ujar Suko.

Agenda yang berlangsung selama tiga hari tersebut, juga diikuti ratusan peserta dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) hingga Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah se-Indonesia.

"Semoga dengan dipilihnya UM Surabaya sebagai tuan rumah akan menghasilkan kebijakan dan menjadi forum peneguhan komitmen, sosialisasi kebijakan, baik dari pemerintah maupun Muhammadiyah," katanya.

Kegiatan ini juga akan menjadi sarana silaturahim, konsolidasi dan membangun kesepahaman bersama dalam merealisasikan agenda pendidikan tinggi Muhammadiyah lima tahun ke depan, yaitu mewujudkan pendidikan tinggi Muhammadiyah yang unggul, holistik, dan tata kelola, baik yang responsif terhadap perkembangan zaman.​​​​​​​

Rakernas tersebut mengambil tema “Mewujudkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah yang Bertata Kelola Baik, Unggul, dan Holistik untuk Memajukan Indonesia dan Mencerahkan Semesta”.

Baca juga: UMS gandeng Tongmyong University mantapkan eksistensi internasional

Baca juga: UMS berangkatkan mobil listrik inovasi mahasiswa ke Mandalika


Kegiatan ini, lanjut Suko, diharapkan mampu menyusun strategi penguatan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance) menuju Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah unggul sekaligus sharing of idea tentang penguatan jaringan kerja dan internasionalisasi diantara Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah.

"Sebagai tuan rumah dan pimpinan universitas, semoga Rakernas mendatang berjalan dengan lancar, sehingga terwujud PTM-PTA yang bertata kelola baik, unggul, dan holistik untuk memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta sesuai tema yang telah digagas,” ujar Suko.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023