Jakarta (ANTARA) -
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi inovasi produk wisata yang memperkuat amenitas pariwisata Indonesia, salah satunya dalam bentuk pengalaman menginap baru berbentuk kabin di alam bebas.
 
Angela mengatakan inovasi yang dihadirkan Bobobox Indonesia, yakni Bobocabin menawarkan pengalaman pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.
 
"Kami akan terus mendukung pengembangan dan inovasi baru yang akan diciptakan ke depannya,” kata dia melalui siaran pers yang diterima ANTARA, Jumat.
Angela berencana menawarkan kerja sama dengan pihak pengelola untuk menawarkan atraksi yang menarik sehingga dapat meningkatkan durasi tinggal dan pengeluaran wisatawan serta memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat sekitar.
 
Dia berharap, ini nantinya mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.
 
"Bagaimana kita bisa bekerja sama meningkatkan aktivitas yang ada di seputaran lokasi Bobocabin. Misalnya kita bicara soal kebun teh, aktivitas apa yang bisa dikembangkan. Misalnya untuk tempat photo shoot, sehingga wisatawan akan lebih lama tinggal di situ," ujar Angela.
 
Kemenparekraf, sambung dia, siap berkolaborasi dengan industri dalam mendukung peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih tahun ini target jumlah wisatawan baik mancanegara maupun pergerakan wisatawan nusantara meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu.
 
Bobocabin merupakan penginapan dengan konsep "elevated camping" yang mengusung pengalaman berkemah dengan memadukan penggunaan teknologi "Internet of Things" (IoT) dan keindahan alam sekitar. Penginapan ini juga dirancang dengan mengadopsi desain modular yang futuristik.

Baca juga: Perhutani gandeng Bobobox bangun fasilitas kemah modern
 
Saat ini Bobocabin telah hadir di 10 destinasi wisata tanah air dengan total jumlah kabin mencapai 262 antara lain di Ubud, Kintamani, Baturraden, Coban Rondo, Umarato Sumba, dan akan hadir di berbagai destinasi lainnya tahun ini.
 
Dalam siaran pers yang sama, President & Co-Founder Bobobox, Antonius Bong, mengapresiasi dukungan dari Kemenparekraf dan meyakini kolaborasi ini dapat membantu pemerintah untuk mendorong ekonomi negara melalui turisme yang menarik bagi pelancong lokal maupun internasional.

Dia mengatakan, ingin berkembang bersama warga lokal dengan melibatkan pemilik usaha makanan, minuman, dan aktivitas turisme setempat untuk menyediakan pelayanan ke tamu yang menginap.

"Kami juga menyertakan warga lokal dalam penyerapan tenaga kerja untuk bergabung sebagai staf Bobocabin. Dengan demikian, tidak hanya menjadi katalis pariwisata Indonesia, Bobobox juga dapat berkontribusi dalam pengembangan ekonomi sekitar," kata Antonius.

Baca juga: Bobocabin hadir di Kintamani tawarkan "elevated camping"

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023