Inspeksi keselamatan itu dilakukan untuk mengecek kelaikan fisik maupun administrasi dari kendaraan umum yang digunakan untuk mengangkut para pemudik
Semarang (ANTARA) - Jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah mengintensifkan pelaksanaan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum (ramp check) pada armada bus untuk memberikan jaminan keselamatan bagi para pemudik Lebaran 2023.

“Bersama pihak terkait, kami secara rutin dan intens melakukan ramp check terhadap bus di terminal-terminal, baik tipe A, tipe B maupun tipe C,” kata Pelaksana Harian Kepala Dishub, Syurya Deta Syafrie di Semarang, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa inspeksi keselamatan itu dilakukan untuk mengecek kelaikan fisik maupun administrasi dari kendaraan umum yang digunakan untuk mengangkut para pemudik.

Diharapkan semua kendaraan umum yang digunakan pemudik laik jalan dan tidak ada kendala yang berarti sehingga masyarakat bisa mudik dengan aman dan nyaman sampai tujuan.

“Jadi jangan khawatir kalau mengunakan armada bus di Jateng, kami benar-benar fokus untuk keselamatan penumpang dan pemudik,” ujarnya.

Selain itu, Dishub Jateng juga berkoordinasi dengan semua jajaran dan lintas sektoral di tingkat pusat maupun kabupaten/kota dalam upaya memberikan kelancaran pada arus mudik Lebaran tahun ini.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta jajaran Dinas Perhubungan bersama instansi terkait agar rutin melakukan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum menjelang arus mudik Lebaran 2023.

“Rasa-rasanya, angkutan bus masih menjadi alternatif masyarakat saat mudik lebaran, maka saya minta Dinas Perhubungan rutin melakukan ramp check untuk memastikan kendaraannya aman," katanya saat mengecek persiapan arus mudik lebaran di Terminal Ir Soekarno, Kabupaten Klaten, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Polda Jateng dan Kodam Diponegoro siap amankan mudik Lebaran

Baca juga: Ganjar cek perbaikan jalur Pantura Jateng jelang arus mudik

Baca juga: BMKG imbau pemudik waspadai potensi hujan di jalur selatan Jateng

Baca juga: BBPJN Jateng-DIY: Pekerjaan infrastruktur jalan setop H-15 Lebaran


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023