Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor farmasi PT Kimia Farma Tbk membuka pelayanan cek kesehatan gratis di Terminal Terpadu Kampung Rambutan pada masa arus mudik 2023.

"Ada tiga titik pelayanan kesehatan saat arus mudik, pertama di sini (Kampung Rambutan), Terminal Kalideres, dan Bekasi," ujar Marketing Klinik Kimia Farma Susiani di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu.

Susi mengatakan layanan kesehatan ini diperuntukkan bagi penumpang, sopir, hingga petugas terminal. Adapun layanannya seperti pengecekan tekanan darah, kolesterol, asam urat, hingga gula darah.

Menurut dia, layanan ini rutin dilakukan setiap tahunnya oleh Kimia Farma, khususnya di Terminal Kampung Rambutan. Dengan tujuan, memastikan kondisi kesehatan para penumpang yang hendak pulang ke kampung halaman.

Baca juga: Posko Terpadu Terminal Kampung Rambutan siap layani pemudik lebaran

Baca juga: Pemprov DKI lakukan persiapan hadapi arus mudik Lebaran


"Kami memberikan pelayanan agar masyarakat mengetahui kondisi kesehatannya. Karena kadang suka ada yang tiba-tiba sakit kepala, demam, dan lainnya. Kita di langkah pencegahannya," ujar Susi.

Jika ditemukan penumpang yang kondisi kesehatannya menurun, petugas medis akan memberikan obat-obatan sementara. Layanan kesehatan ini akan berlangsung hingga 20 April 2023.

"Kalau ada yang tiba-tiba demam kita kasih paracetamol, atau ada yang sakit kepala," ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni mengatakan kenaikan penumpang sudah terjadi sejak Kamis (13/4). Jika rata-rata sebelum puasa berkisar 400 penumpang, kini sudah menyentuh sekitar 800 penumpang.

"Kenaikan sudah dua kali lipat sejak tanggal 13. Biasanya hanya 400 orang," ujar Yulza.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan tidak ada kenaikan harga tiket bus kelas ekonomi selama arus mudik Lebaran 2023 dari terminal-terminal di Ibu Kota.

"Tiket ekonomi tidak ada kenaikan tarif. Operator bisa menerapkan tiket batas atas yang kini masih di bawah, mereka main di rata-rata 50 persen," katanya.

Baca juga: Sebanyak 23.500 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada H-7

Baca juga: Dishub Jateng intensifkan "ramp check" kendaraan umum mudik 2023

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023