mengajak seluruh pihak untuk menciptakan iklim dan lingkungan yang aman dan nyaman bagi perempuan dan anak
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga, meminta disediakan  tempat duduk hingga lampu penerangan yang memadai bagi pemudik lebaran 2023.

Bintang mengajak seluruh pihak untuk menciptakan iklim dan lingkungan yang aman dan nyaman bagi perempuan dan anak sehingga dapat bersama-sama menikmati indahnya Hari Raya Idul Fitri.

"Harapan saya, selain mengutamakan keselamatan dengan ramp check kendaraan, uji kesehatan sopir, dan lain-lain, tentunya suasana aman dan nyaman selama perjalanan juga mesti diciptakan," kata Bintang di Jakarta, Sabtu.

Menurut Bintang, penyediaan tempat duduk yang memadai bagi perempuan dan anak saat bepergian jauh pada pekan libur lebaran 1444 Hijriah yang berlangsung 19 April hingga 1 Mei 2023 nanti menjadi penting untuk diperhatikan.

Selain meminimalkan kemungkinan terjadinya pelecehan seksual, kata dia, ini juga penting demi keamanan. Karena mudik dan perjalanan jauh tentu dapat melelahkan dan berisiko bagi kesehatan ibu menyusui dan anak-anak.

"Demi kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan mudik, saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mempersiapkan segala sesuatunya selama perjalanan dari hal-hal yang sifatnya kebutuhan spesifik, terutama untuk perempuan dan anak," kata Bintang.

Salah satu pemenuhan kebutuhan spesifik bagi perempuan dan anak itu seperti tersedianya ruang laktasi untuk memberi kesempatan bagi anak memperoleh air susu ibu (ASI).

Terakhir, Bintang pun mengingatkan soal lampu penerangan yang memadai. "Ini penting diperhatikan bagi setiap penyedia jasa transportasi umum," ujar dia pula.
Baca juga: Menteri PPPA: Sosok Buya Hamka bisa jadi inspirasi anak muda
Baca juga: Menteri Bintang: Perempuan dapat berperan besar cegah korupsi
Baca juga: Moeldoko sebut surpres soal RUU PPRT segera dikirim ke DPR

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023