Jakarta (ANTARA) -
Imbauan bagi masyarakat untuk melakukan booster vaksin COVID-19 sebelum mudik hingga jamaah calon haji akan mendapat makan tiga kali sehari, menjadi topik populer di kanal berita Humaniora selama sepekan 10-16 April 2023.
 
Informasi tersebut telah dirangkum untuk diikuti kembali. Berikut berita humaniora sepekan:
 
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin dan vaksin dosis penguat (booster) sebelum mudik pada Idul Fitri 1444 H untuk mencegah penularan COVID-19.
 
“Yang paling penting, satu, vaksinasi itu penting. Booster itu penting. Jadi yang belum itu segera booster,” kata Presiden Jokowi di Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis.
 
 
Rektor ke-4 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Koento Wibisono Siswomihardjo tutup usia di umur ke-92 tahun pada Kamis.
 
Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Kamis mengenang Koento Wibisono sebagai pribadi yang baik. Menurut dia, Koento selama ini sangat bagus dalam mengembangkan UNS dengan beragam pondasi.
 
 
Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau menambah penerbangan untuk tujuan Padang, Palembang dan Pekanbaru untuk hadapi lonjakan penumpang pada mudik Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah.

Direktur Utama PT. Bandara Internasional Batam Pikry Ilham Kurniansyah di Batam, Senin, mengatakan setiap hari ada penambahan 1 maskapai dengan kapasitas 215 kursi per rute.
 
 
Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Iman Firmansyah menyebutkan dengan meminimalisir kontak dengan nyamuk saat mudik maka dapat mencegah penularan penyakit Malaria.
 
"Minimalisir kontak dengan nyamuk saat mudik itu dapat mencegah penularan penyakit Malaria," kata dr. Iman dalam diskusi mengenai cara pencegahan penularan malaria saat mudik yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.
 
 
Kementerian Agama (Kemenag) memastikan jamaah haji 1444 H/2023 M mendapatkan makan tiga kali sehari dengan bahan baku dan cita rasa Indonesia, sehingga rencana awal yang hanya dua kali (hanya makan siang dan malam,red.) karena alasan anggaran batal dilakukan.
 
"Kemarin makan tadinya hanya dua kali, yakni siang dan malam karena anggarannya dipotong DPR. Tapi Pak Menteri (Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas,red.) minta supaya pagi tetap ada sarapan walaupun porsinya tidak sebanyak siang," kata Inspektur Jenderal Kementerian Agama Faisal, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023