Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics mengeksploitasi buruknya akurasi tembakan dari Atlanta Hawks untuk memenangkan pertandingan 112-99, sekaligus mengamankan gim pertama babak play off putaran pertama NBA yang digelar di TD Garden Arena Massachusetts, Minggu WIB.

Jaylen Brown dan Jayson Tatum sama-sama mencatat dwiganda untuk Boston. Brown mencatat 29 poin dan 12 rebound, Tatum mencetak 25 poin dan 11 rebound.

"Kami menyangka akan mendapatkan tembakan terbaik mereka," kata Jaylen Brown mengutip laman resmi NBA.

"Kami membiarkan mereka sedikit lebih nyaman di paruh kedua, jadi saya menyangka gim selanjutnya mereka akan lebih mempersiapkan diri. Kami juga harus lebih bersiap-siap," ujar Brown menambahkan.

Poin lainnya bagi Celtics disumbangkan oleh Derrick White dengan 24 poin, Robert Williams III 12 poin, dan Marcus Smart 11 poin.

Baca juga: Tatum cetak 39 poin saat Celtics bekuk Jazz

Celtics menang tanpa perlawanan sama sekali dari tim peringkat tujuh klasemen NBA Wilayah Timur tersebut. Hampir sepanjang laga Celtics memimpin, dan keunggulannya pun mencapai 32 poin pada awal kuarter ketiga.

Paruh kedua laga, Hawks sedikit lebih nyaman dalam permainannya sehingga bisa memperkecil jarak jadi 14 poin pada akhir pertandingan.

Dejounte Murray menjadi pencetak skor tertinggi untuk Hawks dengan 24 poin, Trae Young 16 poin, Clint Capela dan John Collins 12 poin, serta De'Andre Hunter 11 poin.

Perhatian utama pada permainan Hawks adalah akurasi tembakannya yang cukup rendah. Field goals Hawks hanya 38,8 persen atau 38 yang berhasil masuk dari total 98 percobaan tembakan (38-98). Catatan tembakan tiga angkanya lebih parah lagi, hanya mencapai 17,2 persen atau hanya lima bola yang masuk dari total 29 kali percobaan.

Baca juga: Atlanta Hawks amankan posisi play off usai kalahkan Miami Heat

Sorotan lain dari Hawks adalah performa Trae Young yang bahkan jadi perbincangan bagi komentator laga. Young melakukan lima kesalahan yang berujung pada turnover, hanya berhasil memasukan lima bola dari 18 upaya tembakannya, dan frustasi dalam tembakan tiga angka dengan akurasi 20 persen (1-5).

Layup Young adalah yang paling buruk, sampai-sampai harus masuk dalam siaran ulang pertandingan karena performanya memang bukan berada pada kelas NBA.

Selanjutnya kedua tim akan bertanding lagi pada gim kedua putaran pertama babak play off di Boston Massachusetts pada Rabu (18/4).

Baca juga: Boston Celtics hancurkan Bucks 140-99

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023