Bogor (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat menargetkan penanaman 13 juta pohon dalam rangka mencanangkan gerakan penanaman dan memelihara satu miliar pohon.

"Kegiatan penanaman ini dapat menumbuhkan sikap tanggungjawab dari masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon yang sudah ditanam," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor, HM Zairin, dalam acara pencanangan gerakan penanaman satu miliar pohon di SD Madania, perumahan Telaga Kahuripan, Kecamatan Kemang, Bogor, Selasa.

Zairin mengatakan, target 13 juta pohon dalam satu tahun dalam terwujud di wilayah Kabupaten Bogor seiring semakin tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menanam pohon.

Menurutnya, melalui penanaman pohon sebanyak mungkin maka kesempatan untuk mengatasi perubahan iklim dan kerusakan lingkungan akan semakin besar.

"Diharapkan pada akhir Februari 2013 mendatang target 13 juta pohon di wilayah Kabupaten Bogor dapat terwujud. Sehingga untuk selanjutnya pohon yang kita tanam dapat menghasilkan oksigen yang semakin banyak di Bogor," ujarnya.

Zairin menegaskan, penanaman pohon harus dibarengi dengan upaya pemeliharaan. Karena penanaman tanpa perawatan, pohon tidak akan memiliki arti.

"Yang terpenting, bukan mengerahkan sebanyak mungkin orang untuk menanam pohon, namun juga untuk mendorong masyarakat agar bertanggung jawab atas kelangsungan hidup pohon yang telah ditanam," katanya.

Zairin menambahkan, pencanangan gerakan penanaman satu miliar pohon di tingkat Kabupaten Bogor dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.
(LR/R021)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012