Kami menandatangani kerja sama dengan berbagai perusahaan yang tertarik untuk mengembangkan aktivitasnya di NTB terutama di area yang berkaitan dengan persoalan lingkungan
Mataram, NTB (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah memaparkan target nol emisi karbon atau net zero emission pada kegiatan pameran industri berskala dunia Hannover Messe di Jerman.

"Senang sekali bisa menghadiri Hannover Messe Germany. Kami menandatangani kerja sama dengan berbagai perusahaan yang tertarik untuk mengembangkan aktivitasnya di NTB terutama di area yang berkaitan dengan persoalan lingkungan. Hannover Messe ini adalah salah satu pameran industri terbesar di dunia," kata Zulkieflimansyah dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Mataram, NTB, Minggu.

Kehadiran Gubernur NTB ini, membersamai kunjungan kerja Presiden Indonesia Joko Widodo ke Jerman dalam rangka menghadiri undangan penandatanganan kerja sama Hannover Messe 2023.

Urgensi kegiatan tersebut untuk membuka peluang kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri sirkular ekonomi serta dalam rangka peningkatan kualitas SDM untuk mendukung net zero emission (NZE) pada 2050.

Hannover Messe merupakan pameran industri terbesar di dunia dan Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang menjadi negara mitra resmi atau partner country.

Ia mengatakan bahwa NTB telah bekerja sama dengan block solution yang akan beroperasi pada Juni mendatang.

"Insya Allah akhir Juni ini mulai beroperasi di kawasan BRIDA Banyumulek, Lombok Barat. Juga perusahaan-perusahaan lain yang tertarik untuk mulai mengolah sampah di NTB dengan teknologi Jerman," ujarnya.

Selain menghadiri Hannover Messe yang didampingi Ketua TP PKK NTB Niken Saptarini Widyawati, Zulkieflimansyah juga melakukan diskusi tindak lanjut kerja sama dengan University of Nottingham di Inggris pada 15-24 April 2023.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik NTB Najamuddin Amy memberikan keterangan bahwa kehadiran Gubernur NTB dapat mendukung implementasi dari NZE di NTB.

"Kita yakini Gubernur NTB akan memberikan kabar baik untuk Provinsi NTB mendukung NZE tahun 2050," katanya.

Baca juga: Gubernur NTB berharap Ramadhan Fair bantu kebutuhan pokok warga
Baca juga: Pemprov NTB dukung Co-Firing Biomass PLN

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023