Salah satu balapan terbaik dalam karier saya
Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Mario Suryo Aji mendapati hasil balapan terbaiknya selama berkiprah di kelas Moto3 dengan finis P12 di Austin, Texas, Minggu, sekaligus mengemas poin pertamanya pada musim ini.

Mario tiba di sirkuit Amerika Serikat itu dengan ekspektasi tinggi untuk mengonfirmasi progres dua balapan sebelumnya yang ia jalani pada awal musim.

Menyusul hasil kualifikasi yang buruk, Mario mengawali balapan dari P25 dan lolos dari insiden di Tikungan 2 di mana sejumlah pebalap terjatuh pada lap pembuka.

Pebalap yang menjalani tahun keduanya secara penuh berseragam Honda Team Asia itu menyelesaikan balapan sepanjang 14 putaran tersebut dengan memperbaiki tujuh posisi demi membawa pulang empat poin setelah finis.

"Salah satu balapan terbaik dalam karier saya," kata Mario dalam keterangan resmi tim, Senin dini hari.

"Kami menunggu hingga balapan, tidak memikirkan hasilnya, hanya konsentrasi bertahan di dalam rombongan, bertarung hingga akhir.

"Hasil ini memberi saya motivasi yang sangat besar. Saya senang tapi belum cukup puas, saya akan terus berburu poin pada tahun ini," kata pebalap 19 tahun tersebut.

Masih tersisa 18 balapan pada musim ini yang akan menawarkan kesempatan bagi Mario untuk meneruskan progresnya.

Sementara itu, rekan satu timnya Taiyo Furusato membuat kesalahan kecil di lap pembuka dan terpisah dari rombongan utama hingga finis P20 di luar zona poin.

"Taiyo mengerahkan yang terbaik, tapi lap timenya tidak konsisten," ungkap manajer tim Hiroshi Aoyama.

"Bagi kami, penting untuk dia menyelesaikan balapan, mendapat pengalaman lebih. Dia tahu langkah selanjutnya."

Pebalap tim Angeluss MTA Ivan Ortola merebut kemenangan perdana di Moto3 dengan mengalahkan Jaume Masia dari tim Leopard Racing dengan margin tipis 0,457 detik.

Xavier Artigas (CFMOTO Racing) melengkapi podium di tempat ketiga.

Daniel Holgado (Red Bull KTM Tech3) dan Diogo Moreira (MT Helmets) sama-sama mengumpulkan 49 poin di puncak klasemen setelah tiga balapan.

Selepas dari Amerika Serikat, sirkus MotoGP akan menjalani tur Eropa dimulai dengan Grand Prix Spanyol di Jerez pada 30 April mendatang.

Baca juga: DNF di Australia, Mario Aji fokus menatap balapan di Sepang
Baca juga: Mario Aji manfaatkan balapan di Thailand untuk cek progres
Baca juga: Presiden Jokowi berharap Mario Aji berprestasi di Moto3 Mandalika

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023