Baturaja (ANTARA) - Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyiagakan sebanyak enam pos pelayanan dan pengamanan (Pospam) mudik Lebaran Idul Fitri 2023 di wilayah perbatasan dan pusat keramaian di daerah itu.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono di Baturaja, Senin mengatakan, Pospam ini didirikan guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

"Selain itu juga untuk keamanan bagi umat Muslim yang merayakan Idul Fitri di sejumlah pusat keramaian di Kota Baturaja," katanya.

Dia mengemukakan, enam pos pelayanan dan pengamanan itu didirikan di beberapa titik wilayah perbatasan seperti di Batumarta, Kecamatan Lubuk Raja yang berbatasan dengan Kabupaten OKU Timur.

Kemudian, Pospam di Simpang Meo, Kecamatan Pengandonan yang berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim dan pos di Kecamatan Lubuk Batang atau di daerah perbatasan dengan Kota Prabumulih.

Sedangkan di pusat Kota Baturaja meliputi Pos Pelayanan Batukuning, Stasiun Kereta Api, Pos Ramayana, Citimall Baturaja, serta tempat kawasan wisata Goa Putri di Kecamatan Semidang Aji.

Setiap posko, kata Kapolres, disiagakan personel gabungan dari Polres OKU dan seluruh instansi terkait lainnya di wilayah itu.

"Ada 114 personel gabungan yang kami siagakan selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2023," katanya.

Untuk kemungkinan di titik rawan kemacetan arus lalu lintas pihaknya akan melakukan penambahan personel dan membuat pos pantau di Simpang Sukajadi.

Pihaknya pun menyiapkan tim pengurai kemacetan untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan yang keluar masuk dari pintu Tol Prabumulih-Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

"Karena pintu Tol Prabumulih mulai besok sudah mulai dibuka sehingga kemungkinan akan lebih banyak kendaraan keluar dari arah sana khususnya pemudik dari Prabumulih menuju Baturaja," jelasnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023