Bandung (ANTARA) -
Dalam musim libur Idul Fitri 1444 H, Pemerintah Kota (Pemkot) dan Polrestabes Bandung mendirikan sejumlah posko Lebaran di sejumlah titik termasuk di kawasan Asia Afrika yang hadir untuk menjaga keamanan dan kesehatan warga sampai wisatawan.

Kanit Binmas Polsek Sumur Bandung Iptu Jajang Rahmat Iriandi menyampaikan posko lebaran di Kawasan Asia Afrika yang berjumlah dua yakni pos pengamanan dan pos kesehatan ini kolaborasi antara pihaknya dengan TNI, Pemkot Bandung dan organisasi kesehatan, dimaksudkan untuk menjaga kondisi dan pengunjung di kawasan yang jadi salah satu destinasi wisata dalam Kota Bandung.

"Posko lebaran di Asia Afrika mengingat Lalu Lintas di sini jelas meriah sekali dan didatangi pengunjung dari luar Kota Bandung, apalagi sore hari ada komunitas 'jurig' yang memeriahkan kawasan Asia Afrika," ujarnya Rahmat di Bandung, Minggu.

Untuk kedua posko Lebaran ini, lanjut dia, akan beroperasi hingga 2 Mei 2023 mendatang untuk memberikan rasa aman dan nyaman setiap orang yang datang ke Kawasan Asia Afrika ini.

Baca juga: Posko kesehatan Bandara Soetta siap layani pemudik Lebaran 2023

Baca juga: Dinkes DKI hadirkan posko kesehatan terintegrasi dukung mudik Lebaran


"Untuk teknis pengamanan kita patroli jalan kaki. Selain itu juga woro-woro menggunakan pengeras suara untuk mengimbau pengunjung untuk selalu waspada. Selain itu, jika membawa kendaraan disiapkan SIM dan STNK serta parkir di tempat yang sudah ditentukan," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang petugas kesehatan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Bandung Trianti Kusuma Putri menjelaskan posko kesehatan di Kawasan Asia Afrika ini untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berkunjung, terlebih ketika pengunjung mengalami gejala yang perlu penanganan medis.

"Kita stand by, apabila ada keluhan warga penyakit ataupun gejala yang ringan datang ke sini untuk cek kesehatannya juga," kata dia.

Adapun posko kesehatan di kawasan Jalan Asia Afrika tersebut, melayani cek kesehatan, tensi, suhu dan juga tersedia berbagai macam obat-obatan.

"Apabila ada yang mengalami alergi atau demam tiba-tiba, bisa mampir ke sini," ucapnya.

Trianti mengimbau kepada masyarakat yang bepergian agar tetap waspada dan menjaga kesehatan termasuk mempersiapkan obat pribadi.

"Bagi warga yang melaksanakan perjalanan dalam dan luar kota baiknya menyiapkan perlengkapan obat jika diperlukan," katanya menambahkan.

Baca juga: Posko Mudik BPJS Kesehatan gandeng ahli pijat tunanetra layani pemudik

Baca juga: Dinkes Bali dirikan 26 posko kesehatan selama masa Lebaran 2023

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023