Jakarta (ANTARA) - Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Said Aqil Siradj mengatakan bahwa kereta api (KA) jarak jauh yang digunakan sebagai angkutan Lebaran 2023 hingga saat ini nihil kecelakaan atau zero accident.

"Alhamdulillah, angkutan Lebaran PT KAI boleh dibilang sangat sempurna, zero accident sampai hari ini," kata Said saat dijumpai awak media di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin.

Said menyebut bahwa angkutan Lebaran yang disediakan KAI sangat sukses serta tepat waktu baik kedatangan maupun keberangkatan. Dia mengatakan pihaknya berusaha semaksimal mungkin agar seluruh karyawan maupun petugas selalu siap untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pengguna jasa kereta api.

"Saya tadi juga dari (stasiun) Cikampek. Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan baik, tertib, aman, dan nyaman. Pokoknya kita usahakan agar pengguna kereta api merasa aman, nyaman, dan tentram sampai ke tujuan dengan selamat," kata dia.

Baca juga: Pemudik bisa coba fitur "connecting trains" jika kehabisan tiket KA

Said memandang bahwa kehadiran moda transportasi kereta api merupakan simbol negara. Apabila kondisi kereta bersih serta jadwal keberangkatan maupun kedatangan tepat waktu, maka hal tersebut mengindikasikan negara yang sudah beradab.

"Antrenya dengan tertib, tidak desak-desakan, keretanya bersih, itu juga simbol peradaban," imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo juga memastikan pihaknya sudah melakukan persiapan yang matang untuk mengantisipasi insiden yang tidak diinginkan di sepanjang jalur kereta termasuk rampcheck atau inspeksi keselamatan.

Baca juga: KAI tambah beragam fasilitas demi kenyamanan pemudik di Stasiun Gambir

Selain itu, imbuh Didiek, pihaknya juga merujuk pada informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menurutnya tidak ada prediksi cuaca yang mengkhawatirkan.

"Sudah (melakukan langkah mitigasi). Jadi, kita sudah menempatkan alat kontrol untuk siaga di beberapa stasiun, ya, dan itu setiap saat terjadi kondisi yang kedaruratan, kita sudah siap," kata Didiek.

Baca juga: KAI pastikan tak ada tiket tambahan lagi untuk mudik Lebaran 2023

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023