Untuk ruas Tol Jagorawi, lalu lintas tertinggi diprediksi terjadi ketika Hari Lebaran 1444 H dan satu hari setelah perayaan tersebut.
Kabupaten Bogor (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 2 persen atau 31.100 kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Ciawi arah Puncak pada H-5  Lebaran 2023 di ruas Tol Jagorawi.

Peningkatan 2 persen volume kendaraan merupakan perbandingan dengan lalu lintas harian normal sebanyak 30.490 kendaraan .

"Untuk ruas Tol Jagorawi, lalu lintas tertinggi diprediksi terjadi ketika Hari Lebaran 1444 H dan satu hari setelah perayaan tersebut," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satriya ketika ditanya Antara, Jakarta, Senin.

Biasanya, lalu lintas di Hari Lebaran disebut dengan istilah “lalu lintas silaturahmi” yang terjadi di dalam wilayah Jabotabek.

“Umumnya (lalu lintas silaturahmi) terjadi di Arah Puncak (Gerbang Tol/GT Ciawi), arah Sentul, dan arah Bogor, yang diprediksi seperti itu (lagi pada tahun ini), Hari H dan H plus satu,” ungkapnya.

Baca juga: 56.213 kendaraan tinggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama

Upaya mengatasi kemacetan yang dilakukan pihak Jasa Marga selama kepadatan lalu lintas silaturahmi adalah menambah petugas on call dan mobile reader. Kebutuhan terhadap petugas on call akan disesuaikan, tergantung kondisi lalu lintas dan kebutuhan di lapangan.

“Secara umum, (petugas on call) stanby di gerbang tol untuk mempercepat proses transaksi dengan membantu tapping pengguna jalan,” ujar Panji.

Baca juga: Jasa Marga operasikan 12 gardu di GT Cileunyi untuk arus mudik 2023

Dalam kesempatan sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan puncak arus mudik Lebaran jatuh pada Rabu, 19 April 2023, dan puncak arus balik pada Selasa, 25 April 2023.

"Ouncak arus mudik diperkirakan pada H-3 Lebaran atau Rabu 19 April 2023," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam konferensi pers di Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) Jatiasih, di Bekasi, Senin (3/4).

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023