Jakarta (ANTARA News) - Sir Alex Ferguson mengungkapkan bahwa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memiliki kemampuan setara.

Untuk itu, dia menganggap perburuan gelar pemain terbaik dunia atau FIFA Ballon d'Or sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Menurut dia sebuah trofi tidak akan mengubah  kemampuan.

"Saya kira rivalitas bukan masalah buat mereka," kata pelatih Manchester United tersebut.

"Saya yakin mereka memiliki kebanggaan pada diri masing-masing, dalam hal pandangan untuk menjadi yang terbaik," tambahnya.

Ferguson menjelaskan setiap dekade pasti muncul nama-nama yang akan menjadi pemain terbaik dunia. Terkadang tidak hanya satu orang, namun bisa juga beberapa sekaligus.

Dia memberi contoh tahun 60' memiliki Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas dan Eusebio. Era 70' ada Johan Cruyf dan Franz Beckenbauer, sementara 80' terdapat Marco van Basten.

"Saya berpikir Messi adalah pemain yang memiliki sesuatu yang spesial di dekade ini, begitu juga dengan Ronaldo," kata Ferguson.

Apapun pendapat pelatih berusia 70 tahun itu, perebutan Ballon d'Or tetap akan berlangsung. Persaingan bukan hanya untuk Ronaldo dan Messi, tapi juga mengikut sertakan Andres Iniesta dalam perburuan gelar pemain terbaik FIFA pada 7 Januari 2013 nanti.

(lod)

Penerjemah: M Baghendra Lodra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012