Kami fasilitasi parkir bus mudik gratis. Kami siapkan dari sisi keamanan kerja sama dengan Polresta Surakarta
Solo (ANTARA) -
Sebanyak 45 unit sepeda motor peserta program mudik sepeda motor gratis yang diangkut menggunakan dua truk tiba di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono di Solo, Selasa, mengatakan untuk menerima kedatangan peserta program mudik gratis ini sudah disiapkan beberapa hal.

"Kami fasilitasi parkir bus mudik gratis. Kami siapkan dari sisi keamanan kerja sama dengan Polresta Surakarta, ada bantuan sebanyak 25 personel," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyelenggarakan posko selama 24 jam di kawasan Terminal Tirtonadi.

Sementara, "event organizer" atau Pelaksana Program Mudik Sepeda Motor Gratis Kementerian Perhubungan Yeldi Ramadhan mengatakan sebanyak 45 unit sepeda motor itu diberangkatkan dari tiga lokasi.

Baca juga: Ribuan pemudik gratis akan padati Terminal Tirtonadi pada 19-20 April

"Sebanyak 45 motor ini didatangkan dengan dua truk. Kedatangannya dari Pulo Gebang, Pondok Cabe dan Jatijajar," katanya.

Sedangkan untuk pemilik kendaraan akan diberangkatkan pada Selasa ini dan besok Rabu (19/4) dengan total sebanyak 15 bus.

"Gratis semua penumpang. Nggak ada syarat khusus untuk peserta mudik gratis ini. Namun maksimum satu sepeda motor untuk penumpangnya bisa sampai tiga orang yang ikut mudik gratis," katanya.

Sebelumnya, untuk bisa mengikuti program mudik gratis ini para peserta mendaftarkan diri melalui aplikasi yang disediakan.

"Ada tujuannya dari terminal mana menuju ke mana," katanya.

Ia mengatakan pada tahun ini jumlah motor yang mengikuti mudik gratis turun dibandingkan dengan tahun lalu. Menurut dia, pada tahun lalu jumlah truk yang mengangkut motor gratis mencapai enam truk.

"Tahun ini hanya dua truk, mungkin karena banyak yang menyelenggarakan mudik gratis juga. Jadi pilihannya kan lebih banyak," katanya.

Baca juga: Kemenhub terapkan konsep "mixed use" di terminal

Baca juga: Puluhan sepeda motor pemudik tiba di Stasiun Purwosari Solo

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023