Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Bus Grogol memperkirakan puncak arus keberangkatan para pemudik sejumlah kota di Pulau Jawa akan terjadi pada Selasa ini. 

"Di perkirakan (puncak) hari ini karena beberapa hari belakangan angka keberangkatan terus naik," kata Kepala Terminal Bus Grogol, Bona Siregar, saat ditemui di Jakarta.

Bona merinci sebanyak 1.204 penumpang telah berangkat dari terminal sejak 14 April hingga 17 April 2023.

Pada 14 April, terdapat sebanyak 225 penumpang berangkat dengan 61 bus, kemudian pada  15 April ada 256 penumpang dengan 66 bus.

Keesokan harinya yakni pada 16 April ada 347 penumpang yang berangkat dengan dengan 77 bus dan paling banyak 17 April sebanyak 376 penumpang dengan 82 bus.

Rata-rata tujuan keberangkatan para penumpang yakni Purwokerto, Purwodadi, Pemalang, Wanosobo, Semarang dan Surabaya.

Guna memastikan para penumpang sampai dengan selamat, Bona beserta jajarannya sudah melakukan pemeriksaan kendaraan untuk memastikan kondisi bus layak jalan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah memeriksa kesehatan para pengemudi bus sebelum berangkat. "Kita pastikan pengemudi fit," jelas dia.

Tidak hanya itu, pihaknya juga tengah membangun pos pengamanan, pos kesehatan dan tenda penumpang demi kenyamanan dan keamanan penumpang di terminal.

Dengan upaya persiapan tersebut, dia berharap kegiatan mudik Lebaran tahun ini bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Terminal Grogol sediakan layanan mudik ke seluruh wilayah Jawa
Baca juga: Terminal Grogol masih sepi pemudik pada pekan ketiga Ramadhan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023