Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mendukung Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Minahasa menggelar Waterski and Wakeboard Fest atau Wakefest 2023, di Danau Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulut.

"Saya mendukung upaya BPPD untuk membuat Waterski and Wakeboard Fest atau Wakefest 2023, silahkan lanjutkan," kata Olly, di Manado, Selasa.

Olly mengatakan pihaknya akan membantu dan mendukung, karena hal ini akan berdampak besar pada sektor pariwisata serta pertumbuhan ekonomi di Sulut.

Apalagi, kata Gubernur, upaya membuka jalur penerbangan dari Jepang dan Korsel akan membantu karena masyarakat di negara tersebut sangat meminati olahraga air ini.

Ketua BPPD Minahasa Sizzy Matindas mengatakan pihaknya bersyukur atas dukungan Gubernur Sulut dan Bupati Minahasa Royke Roring akan kegiatan berskala internasional ini.​​​​​​​

"BPPD Minahasa, terus bergeliat mempromosikan ragam potensi pariwisata baik seni budaya hingga kawasan wisata unggulan," katanya.​​​​​​​

BPPD Minahasa juga melihat potensi besar Kabupaten Minahasa untuk digenjot sebagai kawasan Sport Tourism unggulan di Sulut dan Indonesia, baik daratan, danau dan lautnya.

"Jadi, kami ingin mengembangkan sport tourisme di Minahasa dengan memprakarsai kejuaraan nasional dan Internasional di Minahasa, bekerja sama dengan pihak swasta dan didukung penuh oleh Pemkab Minahasa dan Provinsi Sulut. Hal ini untuk mendorong prestasi atlet Ski Air kita untuk berkembang lagi,” jelasnya.​​​​​​​

BPPD Minahasa juga melibatkan atlet ski air senior Indonesia Ira Tulong yang menghadirkan President of the Asian Waterski and Wakeboard Federation, Paul Fong untuk melakukan survey awal di Danau Tondano, untuk menjadikanya sebagai tuan rumah dari salah satu event dari International Waterski and Wakeboard Federationt (IWWF) Asia, yaitu Waterski and Wakeboard Fest atau Wakefest 2023.

"Kami sengaja mendatangkan Paul Fong hari ini ke Minahasa untuk melihat pesona Danau Tondano dan kawasannya. Karena dalam pertemuan sebelumnya, dia tertarik menjadikan Minahasa sebagai tempat dari ajang event sekelas Wakefest 2023," kata Tulong​​​​​​​

Selain itu, Tulong pun mengungkap antusias Fong, yang dibuktikan dengan kehadirannya hari ini, untuk melihat dan melakukan survey secara langsung kawasan yang akan menjadi area Wakefest 2023.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023