Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyediakan 78 bus dan tiga rangkaian kereta api untuk memfasilitasi buruh mudik gratis menjelang Lebaran tahun 2023.

"Mudahan-mudahan perjalanan mudik tahun ini lancar, selamat sampai tujuan, dan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat melepas peserta program mudik bersama di halaman Kantor Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta, Selasa.

Dalam program mudik bersama bagi buruh tahun ini, Kemnaker bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, dan Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel K-Sarbumusi menyediakan 78 bus untuk 4.100 pekerja dan tiga rangkaian kereta untuk 1.700 pekerja.

Sebanyak 78 bus mudik untuk buruh diberangkatkan dari Jakarta, Bekasi, dan Tangerang pada 18, 19, dan 20 April 2023.

Sedangkan pekerja yang mengikuti program mudik gratis menggunakan kereta api akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen Jakarta pada 20 April 2023.

Angkutan mudik gratis bagi buruh disediakan untuk daerah tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jambi, Lampung, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sumatera Selatan.

"Mudik bersama yang diselenggarakan Kemnaker bekerja sama dengan stakeholder ini tidak lain berdasarkan perhatian dan kepedulian kepada teman-teman pekerja agar mudiknya aman dan nyaman," kata Ida.

Dia menyampaikan bahwa jumlah warga yang mudik menjelang Lebaran tahun 2023 diperkirakan mencapai 123,8 juta orang, terbanyak dalam tiga tahun terakhir.

"Karena banyak yang mudik, maka memang akan lebih baik kalau mudiknya dilakukan secara terorganisir, seperti yang dilaksanakan Kemnaker yang bekerja sama dengan stakeholder, dan di laksanakan oleh kementerian/lembaga lainnya," demikian Ida Fauziyah.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023