Palu (ANTARA) - Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah menyalurkan sedekah senilai Rp600 juta untuk 2.000 imam masjid dan pegawai syara di daerah tersebut.

"Bantuan sedekah ini sebagai bentuk komitmen DMI Sulteng menebar kebaikan di bulan Ramadhan 1444 Hijriah, yang tujuannya untuk menopang pembangunan kesejahteraan imam dan pegawai syara," kata Sekretaris Umum PW DMI Sulteng Muchtar Ibnu Mas'ud di Palu, Selasa.

Muchtar mengatakan pemberian sedekah itu didukung penuh oleh Ketua Umum PW DMI Sulteng H Ahmad M Ali. Sedekah tersebut disalurkan oleh DMI Sulteng kepada imam masjid dan pegawai syara pada acara buka puasa bersama yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Vatulemo, Kota Palu.

Baca juga: DMI optimalkan rehabilitasi tempat wudhu-toilet 500 masjid di Sulteng

Muchtar mengatakan bahwa DMI Sulteng memiliki komitmen dan konsisten untuk menopang pembangunan kesejahteraan masyarakat berbasis masjid.

Komitmen itu, ujar dia, dilakukan oleh PW DMI Sulteng melalui visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid, yang di dalamnya terdapat berbagai program, salah satunya pengembangan fungsi masjid dan pemberdayaan imam serta pegawai syara.

Dalam konteks ini, ujar dia, DMI Sulteng sebagai organisasi umat, membuka diri untuk bersinergi dengan multi pihak, dalam rangka mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat melalui visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

Sementara itu, Ketua Umum PW DMI Sulteng Ahmad M Ali mengemukakan DMI sebagai organisasi besar milik umat, tidak memonopoli kebaikan.

"Siapapun berhak bergabung dan bekerja sama dengan DMI untuk bersama-sama menebar kebaikan," ucapnya.

Ahmad menilai bahwa pertemuan antara PW DMI Sulteng dengan 2.000 imam masjid dan pegawai syara, merupakan satu momentum yang sangat baik dalam rangka memperkuat silaturahim, menyatukan langkah, untuk bersama-sama mengembangkan fungsi masjid demi memakmurkan dan dimakmurkan umat.

Baca juga: DMI Sulteng pelajari situs sejarah Islam di Mekkah

Baca juga: Ketum DMI ajak tokoh agama di Sulteng makmurkan masjid


"Ini adalah satu kesempatan untuk kita syukuri bersama, kita dipertemukan di bulan Ramadhan tahun ini," ucapnya.

Ahmad Ali mengajak kepada para dermawan, pengusaha, politikus, pemerintah, untuk bersama-sama menebar kebaikan kepada masyarakat melalui DMI.

"DMI harus dimanfaatkan oleh semua komponen dan elemen masyarakat, sebagai sarana untuk bersama-sama menebar kebaikan demi menopang percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023