masyarakat berhati-hati ... mengingat di berbagai negara kasus COVID meningkat lagi ... Jangan lupa istirahat cukup, minum vitamin,
Jakarta (ANTARA) - Empat hari (H-4) menuju Lebaran 2023 yang diperkirakan jatuh pada 22 April, Pemerintah minta pemudik tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) karena kegiatan masyarakat meningkat dan muncul varian baru COVID-19 Arcturus.

Melihat banyaknya jumlah pemudik yang pulang kampung halaman tahun ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengingatkan pemudik untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan, apalagi tren kasus positif COVID-19 meningkat.

"Saya rasa terkait (kewajiban) vaksin sudah diberi tahu KAI lewat aplikasinya (dan media sosial). Saya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam minggu terakhir ini mengingat di berbagai negara kasus COVID meningkat lagi walaupun tidak membahayakan. Jangan lupa untuk beristirahat cukup, minum vitamin," kata Mahfud MD di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir juga mengingatkan pemudik soal prokes saat meninjau pelayanan kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen pada H-4 hari ini.

Erick Thohir minta pemudik untuk melengkapi vaksinasi COVID-19 sebelum mudik dan selalu menerapkan prokes di ruang dan transportasi publik.

"Soal vaksin, saya rasa pemerintah telah melakukan dua hal. Satu, kalau di tempat atau kendaraan umum, kita kerahkan untuk memakai masker. Sementara kalau di ruang terbuka, tidak masalah," kata Erick.

Di Yogyakarta, salah satu tujuan favorit pada musim mudik Lebaran 2023, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta meminta destinasi wisata menerapkan kebijakan cleanliness, health, safety, dan environment (CHSE) selama musim libur Lebaran, antara lain, dengan memastikan ketersediaan seluruh perlengkapan kebersihan.


Mudik naik kereta api

PT Kereta API Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta menilai mereka mulai memasuki puncak arus mudik pada H-4. Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan sekitar 23.700 pemudik dari Stasiun Pasar Senen dan 18.000 dari Stasiun Gambir.

"Secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan kereta api di area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen," kata Eva.

Data pemesanan tiket kereta api menunjukkan tanggal favorit pemudik adalah 14-23 April, tingkat okupansi mencapai 90-100 persen pada periode itu. Sementara untuk tanggal 18-21 April, okupansi sudah mencapai 100 persen.

Di Semarang, Jawa Tengah, total penumpang yang datang mencapai 93.731 orang pada 12-17 April. Sementara pemudik yang berangkat dari berbagai stasiun di Semarang mencapai 82.381 orang.

Beralih ke Madiun, Jawa Timur, sebanyak 51.024 pemudik tiba di Daop 7 Madiun dan 25.099 berangkat dari area tersebut.


Mudik jalur laut

Arus mudik juga terasa di jalur laut, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jakarta, Subagyo mengatakan ada 13.326 penumpang pada periode 7-18 April, naik 137,62 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penumpang yang turun di Pelabuhan Tanjung Priok mencapai 9.534 orang pada 7-18 April.

"Jadi, mulai ditetapkannya arus mudik untuk transportasi laut itu tanggal 7 April sampai hari ini, 18 April. Pada tahun ini, penumpang meningkat. Ini juga ada fenomena bahwa masyarakat sudah semakin menyadari, ya, bahwa mudik lebih awal itu lebih lebih baik. Tapi, ada beberapa kekhawatiran kalau nanti tiba-tiba PPKM diberlakukan lagi, jadi, mereka banyak yang mudik lebih awal," kata Subagyo.

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni mencatat jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Pelabuhan Merak, Banten semakin meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Pada hari ini tercatat ada 46.396 penumpang yang menyeberang dari Bakauheni ke Merak.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengatakan bahan bakar minyak yang tersedia cukup untuk kelancaran transportasi kapal pada musim mudik Lebaran.


Kepadatan bus dan terminal

Ribuan pemudik memilih pulang ke kampung halaman naik bus melalui berbagai terminal. Pengelola Terminal Bus Grogol, Jakarta Barat, memprediksi puncak arus mudik di sana berlangsung hari ini, sekurang-kurangnya sebanyak 1.204 pemudik berangkat dari terminal tersebut pada 14-17 April untuk tujuan sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, data per 18 April pagi menunjukkan ada 1.833 pemudik yang berangkat dari terminal itu antara lain untuk tujuan Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Bengkulu.

Geliat arus mudik juga terasa di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, sebanyak 45 unit sepeda motor peserta program mudik tiba hari ini dari Terminal Pulo Gebang, Pondok Cabe dan Jatijajar.

Terminal Banda Aceh, Aceh, memberangkatkan sekitar 5.381 penumpang mudik domestik dan ke Sumatera Utara hingga 17 April malam.


Situasi di bandara

PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, mencapai 142.268 hingga siang ini. Pergerakan penumpang tertinggi terjadi di terminal 3, yaitu 59.769 orang.

Akibat jumlah penumpang yang semakin tinggi menjelang Lebaran, pengelola mengoperasikan kembali terminal 1B, yang sejak pandemi COVID-19 tidak aktif, untuk mengurangi kepadatan di Terminal 1A.

Di Semarang, arus mudik juga terlihat dari total pergerakan penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani yang sebanyak 28.048 orang selama 14-17 April atau empat hari program Posko Terpadu Angkutan Udara Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Bandara Deo Sorong, Papua Barat Daya menyiapkan lima penerbangan tambahan untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran tahun ini, yang disiapkan oleh maskapai Lion Group dan Garuda. Pengelola memprediksi lonjakan penumpang akan terjadi pada 19-25 April.

Dua maskapai penerbangan, yaitu Garuda Indonesia dan Batik Air, menambah dua pesawat untuk mengantisipasi kepadatan penumpang di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.


Kondisi lalu lintas

Kepolisian Republik Indonesia menerapkan kebijakan one way atau satu arah mulai dari kilometer 72 Tol Cipali sampai kilometer 414 Gerbang Tol Kalikangkung karena volume kendaraan terus naik. Jumlah normal kendaraan yang masuk area tersebut adalah 10.000 kendaraan per jam, namun, saat ini ada 30.000 kendaraan per jam masuk GT Kalikangkung.

Puncak arus mudik diperkirakan berlangsung mulai malam ini sampai Rabu (19/4).

Puncak arus mudik di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, juga diperkirakan terjadi malam ini karena hari ini adalah hari terakhir masuk kerja sebelum cuti bersama Idul Fitri 2023.

Di Jawa Tengah, pengelola Jalan Tol Solo-Yogyakarta PT Jogjasolo Marga Makmur memperkirakan jumlah kendaraan yang melintas meningkat mulai 19 April hingga H-1 Idul Fitri.

Hingga sore ini, tercatat 25.860 kendaraan keluar Tol Trans Sumatera melalui GT Bakauheni Selatan menuju Pulau Jawa.










 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2023