sudah semestinya pemerintah membantu masyarakat
Kuala Kapuas (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menggratiskan 1.000 paket sembako kepada warga di Kelurahan Selat Dalam, Kabupaten Kapuas, dalam Pasar Penyeimbang yang digelar di kelurahan setempat.

"Sembako ini berisikan beras 5 kilogram, gula pasir 2 kilogram, minyak goreng 2 liter, dan teh celup 1 kotak," kata Sugianto Sabran di sela-sela kegiatan di Kuala Kapuas, Selasa.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan gas bersubsidi sebanyak 140 tabung yang dijual dengan harga Rp17.500 per tabungnya. Kemudian juga ada layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kapuas yang mau berobat.

Pasar Penyeimbang diselenggarakan, dalam rangka untuk menekan inflasi, dan juga akibat adanya COVID-19 yang melanda selama kurang lebih tiga tahun dan adanya perang Rusia-Ukraina, sehingga secara global ada perubahan ekonomi khususnya ketahanan pangan.

"Saya minta kepada Pelaksana harian Bupati dan seluruh jajaran supaya giat untuk menanam sayur-sayuran seperti cabai, bawang merah, tomat, dan lain-lain di pekarangan rumah untuk dijadikan ketahanan pangan keluarga," pintanya.

Baca juga: Padang salurkan 1.405 paket sembako kepada tenaga honorer kebersihan
Baca juga: Jamkrindo gelar Safari Ramadhan bagikan sembako dan santuni anak yatim

Gubernur juga meminta agar Plh Bupati Kapuas segera mencairkan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk membantu ketahanan pangan masyarakat yang tidak mampu.

"Saya mengimbau bagi yang melakukan mudik lebaran untuk tidak kebut-kebutan dan ikuti alur dan aturan serta imbauan dari Polisi dan Pemerintah," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di lingkup Pemprov Kalteng itu juga akan memberangkatkan umrah untuk enam warga Kapuas yang terpilih saat menghadiri pasar penyeimbang tersebut.

"Sudah semestinya pemerintah membantu masyarakat, semoga dengan giat Pasar Penyeimbang di 14 kabupaten/kota ini, inflasi di Kalteng bisa terkendali," ujar Sugianto Sabran.

Baca juga: Gubernur Kalteng gratiskan paket sembako untuk masyarakat Hanau

Pewarta: Kasriadi/All Ikhwan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023