Bank Kalteng meraih Top BUMD 2024 atas sederet pencapaian kinerja yang berhasil ditorehkan pada 2023.....
Palangka Raya (ANTARA) -
Bank Kalteng kembali mencatatkan keberhasilan di tingkat nasional seperti tahun-tahun sebelumnya, dengan meraih sejumlah penghargaan pada ajang BUMD Award 2024 yang diinisiasi Top Bussiness bersama Institut Otonomi Daerah (I-OTDA), diantaranya sebagai Top BUMD 2024.
 
"Bank Kalteng meraih Top BUMD 2024 atas sederet pencapaian kinerja yang berhasil ditorehkan pada 2023, di antaranya  aset yang bertumbuh 13,5 persen, laba tumbuh 19,5 persen, maupun semua rasio keuangan Bank Kalteng yang dalam kondisi sehat," terang Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Kalteng Marzuki dihubungi di Palangka Raya, Selasa.
 
Di sisi lain, Marzuki sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Kalteng juga berhasil meraih penghargaan sebagai Top CEO BUMD, karena dinilai sebagai salah satu CEO BUMD di Indonesia dengan kinerja terbaik dari sekitar 900 BUMD yang dilakukan penilaian.

 
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran juga berhasil meraih penghargaan Top Pembina BUMD 2024. Gubernur mendapat penghargaan ini atas peran dan kontribusinya dalam membina dan mendukung BUMD yakni Bank Kalteng.
 
Marzuki menjelaskan, Gubernur sebagai pemegang saham pengendali selama ini terus mendukung, memperkuat dan memajukan Bank Kalteng sehingga mampu memiliki kinerja baik di setiap tahun.
 
"Penghargaan ini juga merupakan bentuk komitmen seluruh jajaran dewan komisaris, direksi dan pegawai Bank Kalteng untuk menjaga serta meningkatkan kinerja untuk terus tumbuh secara berkelanjutan," jelasnya.
 
Kinerja baik yang terus terjaga Bank Kalteng didedikasikan untuk seluruh masyarakat di Kalimantan Tengah khususnya para nasabah, serta para pemegang saham.

Baca juga: Pj Gubernur DKI raih penghargaan sebagai pembina BUMD 2024 terbaik
 
Marzuki menyampaikan, salah satu misi Bank Kalteng adalah turut memajukan perekonomian daerah. Oleh karenanya dengan semakin bertumbuhnya Bank Kalteng, artinya baik secara aset dan perolehan laba, kontribusi Bank Kalteng terhadap pembangunan daerah juga akan semakin meningkat.
 
"Di antaranya kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) yang diberikan dalam bentuk dividen kepada pemprov, pemkab, dan pemkot, sehingga dalam hal ini semakin banyak pula yang bisa digunakan untuk pembangunan daerah," tuturnya.
 
Untuk itu Bank Kalteng terus berinovasi dan mengembangkan ragam produk dan layanan yang dimiliki, sehingga dapat terus bersaing serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
 
Salah satunya melalui Kredit UMKM Berkah dan Betang Berkah yang diinisiasi gubernur dalam rangka melawan rentenir. Selain itu melalui Program Selalu Berkah, yaitu Sentra Layanan Pelaku Usaha Berkah dengan melibatkan UMKM mengikuti pelatihan usaha, hingga pemberian akses pemasaran, agar UMKM bisa terus bertumbuh dan naik kelas.

Baca juga: RSUD dr M Saleh Probolinggo raih tiga kategori Top BUMD Award 2024
 
Marzuki juga menegaskan, pihaknya juga senantiasa mendukung setiap program pembangunan yang dilaksanakan pemda di Kalimantan Tengah dalam menjaga tingkat inflasi, meningkatkan akses keuangan daerah, serta lainnya.
 
"Sesuai arahan Gubernur Sugianto Sabran untuk Bank Kalteng, kami juga terus fokus dan meningkatkan porsi pembiayaan atau penyaluran kredit produktif guna meningkatkan perekonomian di Kalimantan Tengah," tutupnya.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024