Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M Saleh Kota Probolinggo, Jawa Timur, meraih penghargaan pada tiga kategori Top Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Award 2024.

Tiga kategori itu yakni Top Pembina BUMD diraih Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis selaku Pembina BUMD Kota Probolinggo, Top CEO BUMD diraih dr Intan Sudarmadi selaku Direktur RSUD dr M Saleh, dan Top BUMD Award Level Bintang 4 diraih Mohammad Ali Yusni selaku Wadir Yankes RSUD dr M Saleh.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih atas kinerja semua pihak di RSUD dr Saleh yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Penjabat Wali kota Probolinggo Nurkholis dalam keterangan tertulis yang diterima di Probolinggo, Kamis.

Baca juga: Bupati dan BUMD Serang raih penghargaan di ajang BUMD Award 2024

Menurut dia, penghargaan itu merupakan awal yang baik dalam mengembangkan dan meningkatkan kinerja RSUD dr M Saleh agar berkelanjutan serta mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Ajang BUMD Award itu bukan sekadar kompetisi, tetapi banyak aspek pembelajaran yang diberikan. Berbagai saran dan masukan dari para dewan juri menjadi bahan evaluasi bagi kita agar lebih baik," tuturnya.

Selain pelayanan yang bagus, lanjut dia, inovasi yang didukung dengan teknologi digital, sehingga mempermudah pelayanan dan penghargaan itu menjadi motivasi ke depan agar bisa naik level, serta memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kota Probolinggo.

Baca juga: PT Migas Bekasi raih Top BUMD Awards 2024

Sementara itu, Ketua Dewan Juri yang menilai dalam kompetisi itu Prof Dr Djohermansyah Djohan mengatakan penghargaan diberikan kepada kepala daerah karena keterlibatannya dalam mendukung serta memfasilitasi BUMD agar bisa berkembang dengan baik.

"Jumlah peserta ada 225 BUMD, sedangkan total BUMD di Indonesia sebanyak 1.133 BUMD. Ada peningkatan jumlah peserta, bahkan seluruh peserta memiliki inovasi unggulan," katanya.

Menurut dia, ada BUMD yang sudah mencapai level tertinggi berturut-turut, sehingga layak dijadikan percontohan bagi BUMD lainnya dengan kriteria penilaian achievement (prestasi), improvement (perbaikan), dan contribution (kontribusi).

"Melalui kegiatan itu diharapkan setiap BUMD dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam peningkatan perekonomian. Sekaligus Top BUMD Award dilakukan untuk mendukung program nasional," ujarnya.

Baca juga: Bank DKI Raih Penghargaan pada Best BUMD Award 2024

Tiga penghargaan RSUD dr M Saleh itu diterima di Jakarta, Rabu (20/3) sore. Ajang Top BUMD Award itu merupakan satu-satunya corporate rating (penilaian kinerja BUMD) sekaligus menilai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) terbaik di Indonesia.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024