Penghargaan ini bukti Bank Kalteng mampu mengelola keuangan dengan baik dan menjadi agen pembangunan daerah yang profesional
Palangka Raya (ANTARA) - Bank Kalteng menorehkan prestasi pada ajang TOP BUMD 2023 yakni berupa penghargaan dengan predikat Excellent dan Golden Award.

"Penghargaan ini menjadi bukti Bank Kalteng mampu mengelola keuangan dengan baik dan menjadi agen pembangunan daerah yang profesional," kata Direktur Keuangan Operasional dan TI Bank Kalteng Ahmad Selanorwanda dihubungi di Palangka Raya, Jumat.

Dia menjelaskan penghargaan yang diberikan, sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian kinerja yang baik dan aspek keuangan unggul berdasarkan rating BPD yang dilakukan Biro Riset Infobank pada kinerja keuangan 2021 dan 2022.

Beberapa kriteria penilaian yang digunakan Biro Riset Infobank untuk mengukur kinerja BPD, meliputi aspek efisiensi dan pertumbuhan, selain penilaian pada aspek profil risiko, Good Corporate Governance (GCG), rentabilitas, hingga permodalan. Ajang TOP BUMD 2023 diselenggarakan Infobank bekerja sama dengan ASBANDA dan PERBAMIDA.

Baca juga: Ekspedisi Rupiah Susur Sungai jadi sarana edukasi masyarakat Kalteng

Baca juga: Bank Kalteng raih dua penghargaan dalam Digitech Award 2023


"Semua pencapaian prestasi Bank Kalteng selama ini, tak lepas dari usaha serta dukungan segenap pegawai, jajaran pengurus, pemegang saham, maupun seluruh nasabah setia Bank Kalteng," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Wanda ini mengatakan, Bank Kalteng dikelola secara profesional dengan unsur kehati-hatian dan didukung para pemegang saham yang mendorong kreativitas dan pengembangan strategi-strategi bisnis di wilayah Kalteng.

Ragam program pelatihan bagi SDM serta pengembangan TI pada Bank Kalteng turut menjadi fokus pihaknya, agar dapat memberi pelayanan yang berkualitas.

"Hal ini dampaknya pada kinerja keuangan yang positif dalam lima tahun terakhir," tuturnya.

Adapun tren kinerja positif 2022 Bank Kalteng diketahui terus berlanjut pada 2023. Hingga dengan 30 April 2023 secara year on year (yoy) Aset Bank Kalteng bertumbuh 18 persen, penyaluran kredit tumbuh sebesar 14,53 persen dan Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 17,51 persen.

Pertumbuhan kredit ini diiringi meningkatnya porsi penyaluran kredit ke sektor produktif yang saat ini mencapai 32 persen dari total kredit yang disalurkan.

Baca juga: Bank Kalteng minta nasabah waspadai modus penipuan soceng

Baca juga: Bank Kalteng fasilitasi puluhan UMKM di Festival Tambun Bungai 2023

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023