Mudik lebaran tahun ini mengalami peningkatan hingga empat kali lipat dibandingkan pada periode sebelumnya yang hanya mencapai 997
Batulicin, Kalsel (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mencatat 3.711 pemudik dari Pelabuhan Samudera Batulicin menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Sulawesi pada Selasa.

"Mudik lebaran tahun ini mengalami peningkatan hingga empat kali lipat dibandingkan pada periode sebelumnya yang hanya mencapai 997 pemudik pada H-4 lebaran," kata Kepala KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin Samsuddin di Batulicin Selasa.

Sejak 7-17 April 2023, Samsudin mengatakan jumlah total penumpang kapal yang berangkat ke Surabaya dan Sulawesi melalui Pelabuhan Samudera Batulicin mencapai 3.711 orang, sedangkan penumpang yang datang sebanyak 888 orang.

Baca juga: Pelni: Tiket mudik Batulicin-Surabaya masih tersedia 50 persen

Jadi total jumlah penumpang yang naik dan turun kapal di pelabuhan tersebut mencapai 4.599 orang, dan penumpang yang melanjutkan perjalanan atau transit sebanyak 722 orang, sedangkan kedatangan dan keberangkatan kapal sebanyak 11 unit.

Kapal yang melayani penumpang di pelabuhan tersebut yakni, KM Sabuk Nusantara 93, KM Sabuk Nusantara 99, KM Leuser, KM Dharma Fery III, KM Wilis, KM Binaiya, dan KM Egon.

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin Sutiyono mengimbau para pemudik agar lebih mengutamakan keselamatan dan keamanan saat mudik lebaran.

"Jadikan mudik lebaran tahun ini menjadi mudik aman dan berkesan," ujar Sutiyono.

Sejauh ini, pihak KSOP Batulicin belum menemukan kendala di lapangan ataupun tindakan-tindakan kejahatan yang mengganggu keamanan para pemudik.

Baca juga: ASDP Batulicin angkut 3.000 penumpang per hari

Baca juga: KSOP Batulicin perkirakan jumlah pemudik naik 100 persen

Pewarta: Taufik Ridwan dan Sujud Mariono
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023