Sampit (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto, menegaskan pengamanan pemudik dan aset-aset yang mereka tinggalkan selama mudik Lebaran 2023, menjadi prioritas jajarannya bersama instansi terkait.

"Tidak usah khawatir karena pengamanannya jadi tanggung jawab dari Polda Kalteng," kata Nanang di Sampit, Selasa.

Nanang juga memastikan bagi yang meninggalkan tempat tinggalnya maka akan menjadi prioritas pihaknya dalam pengamanan. Polsek dan koramil bersama aparat setempat diinstruksikan untuk mengawasi keamanan rumah dan aset yang sedang ditinggal mudik pemiliknya.

"Kami akan kendalikan dan akan kami patroli. Tempat tinggal bapak-bapak ibu-ibu yang ada di sini akan kita jaga. Semoga semuanya bisa berjalan lancar karena kita semuanya bisa membantu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di dalam pelaksanaan kegiatan Lebaran 2023 ini," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolda pada Selasa (18/4) memantau langsung arus mudik di Bandara Haji Asan dan Pelabuhan Sampit. Dia datang bersama Gubernur Sugianto Sabran, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Bayu Permana dan pejabat lainnya.

Saat di Pelabuhan Sampit, rombongan memantau kondisi penumpang yang sudah naik di KM Leuser yang hendak bertolak menuju Semarang dengan mengangkut 1.445 penumpang.

Nanang mengatakan, pemantauan yang mereka lakukan untuk memastikan bahwa masyarakat Kalteng yang mudik meninggalkan rumah sampai ke pelabuhan ini aman. Mereka ingin memastikan keselamatan masyarakat yang akan mudik ke Jawa.

Dia mengingatkan pemudik berhati-hati selama di perjalanan agar jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. Pemudik diminta saling menjaga dan mengingatkan, agar terhindar dari berbagai modus kejahatan.

"Waspadai orang tidak dikenal memberikan minuman sehingga akhirnya tertidur sampai benda diambil. Ini yang sering muncul. Jadi saya harapkan saling menjaga di antara keluarga yang akan berangkat," ujar Nanang.

Dia mendoakan agar pemudik selamat sampai tujuan dan kembalinya juga dengan selamat. Pihaknya siap mengamankan pemudik di dalam perjalanan maupun kembali dalam kegiatan menyambut hari raya ini.
​​​​​
Baca juga: Gubernur Akmil minta taruna berperilaku wajar selama cuti Lebaran
Baca juga: Penerapan "one way" KM 72 hingga KM 414 diperpanjang hingga Rabu siang

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Norjani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023