Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa sebanyak 1.080 warga memanfaatkan layanan bus mudik gratis dari Jakarta menuju ke Jawa Timur yang disediakan oleh pemerintah provinsi.

Sebanyak 24 bus yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur bagi warga yang hendak mudik ke berbagai daerah di Jawa Timur diberangkatkan dari halaman Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta pada 18 April 2023.

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan sembilan bus rute Jakarta-Ngawi-Magetan-Madiun-Ponorogo, empat bus rute Jakarta-Bangkalan-Sampang-Pamekasan-Sumenep, empat bus rute Jakarta-Bojonegoro-Tuban-Babat-Lamongan-Gresik, dan dua bus rute Jakarta-Pacitan.

Selain itu, disediakan pula masing-masing satu bus rute Jakarta-Kediri-Tulungagung, Jakarta-Nganjuk-Kertosono-Jombang, dan Jakarta-Mojokerto-Surabaya-Malang serta dua bus rute Jakarta-Lumajang-Jember-Banyuwangi.

Gubernur berharap penyediaan fasilitas mudik gratis dapat mengurangi kemacetan dan kecelakaan di jalan raya menjelang dan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Dia mengatakan bahwa pemerintah provinsi berusaha untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat pada masa mudik Lebaran.

"Mudah-mudahan meraih kemenangan bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri yang berseiring dengan kebahagiaan mereka," katanya. 

Baca juga:
Damri kerahkan 274 bus dukung mudik gratis BUMN 2023
Kemnaker fasilitasi buruh mudik menggunakan bus dan kereta

Pewarta: Abdul Hakim, Hanif Nashrullah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023