Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Presiden bidang Pendidikan, Inovasi dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar menyatakan peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) merupakan bentuk perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) bagi pemuda Papua.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi yang telah menaruh perhatian besar bagi teman-teman muda hingga hari ini. PYCH menunjukkan komitmen Bapak Jokowi untuk mendorong kesejahteraan dan kemajuan anak muda Papua," kata Billy Mambrasar dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: PYCH: Pemuda Papua butuh pelatihan guna kembangkan diri

Billy yang juga salah satu Founder PYCH itu menyampaikan apresiasi kepada komitmen Presiden Jokowi terhadap pemberdayaan pemuda Papua.

Pembangunan PYCH, kata dia, merupakan tindak lanjut dari pertemuan di Istana Negara pada September 2019, antara Presiden Jokowi dengan sejumlah anak muda Papua di bawah Papua Muda Inspiratif (PMI) yang memiliki cita-cita untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Papua.

"Kami sangat bersyukur, karena hari ini PYCH sudah terwujud dan hampir satu bulan sejak diresmikan Presiden Jokowi pada 21 Maret lalu," katanya.

Guna mendukung visi Presiden dalam pengembangan sumber daya manusia, Billy Mambrasar yang juga pendiri dan dewan pembina Yayasan Kitong Bisa secara konsisten menjalankan berbagai program dan inisiatif di bidang pendidikan maupun pengembangan talenta muda.

Dalam peresmian PYCH, Billy Mambrasar bersama Tim Bawa Perubahan (Baper) turut berkomitmen untuk fokus pada Gerakan Nasional Manajemen Talenta Pemuda Nasional (MANTAP).

Sementara itu, pada bulan Maret lalu, Presiden Joko Widodo meresmikan PYCH yang terletak di Abepura, Jayapura, Papua.

Baca juga: Pemuda Papua yakin PYCH akan pacu kegiatan kreatif & pertumbuhan usaha

Baca juga: Presiden Jokowi: PYCH akan jadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia


Gedung PYCH dirancang sebagai sentra ekonomi kreatif guna mendukung pemberdayaan pemuda-pemudi Papua. Gedung ini memiliki berbagai ruangan dengan fungsi yang beragam, seperti ruang serba guna, ruang keagamaan, ruang pengembangan usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM), studio podcast, studio musik, studio fotografi, hingga kafe.

Saat peresmian PYCH, Presiden Jokowi menyampaikan rasa bangganya atas kehadiran PYCH di Jayapura.

Presiden juga meminta agar Youth Creative Hub seperti PYCH ini dapat dibangun di provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan pengembangan potensi generasi muda di daerah masing-masing.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023