Bandung (ANTARA) -
Bus rute angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) dan angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP), yang akan melayani pemudik Lebaran 2023 mengalami keterlambatan kedatangan di Terminal Bus Cicaheum Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu pagi.
 
"Betul, tadi pagi ada keterlambatan kedatangan, tapi siang sekitar jam 12 itu sudah bisa diatasi. Keterlambatan terjadi karena dari Limbangan (Kabupaten Garut) macet parah, lalu adanya pasar tumpah sehingga mengakibatkan keterlambatan bus Ke Cicaheum," kata Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung Roni Hermanto, ketika dihubungi ANTARA, Rabu.
 
Akibat keterlambatan kedatangan bus tersebut, kata Roni, sempat terjadi penumpukan penumpang di Terminal Cicaheum Kota Bandung.
 
"Memang ada penumpukan penumpang namun alhamdulillah tadi sempat ada bantuan kendaraan dari Bus Budiman, jadi bisa terangkut. Jadi alhamdulillah teratasi, siang itu sudah terangkut," kata dia.

Baca juga: Terminal Cicaheum layani 5.718 penumpang saat puncak mudik Lebaran

Baca juga: 3.500 pemudik sudah diberangkatkan dari Terminal Cicaheum Bandung

 
Terminal Cicaheum, Kota Bandung, dijadikan lokasi pelepasan Program Mudik Gratis Tahun 2023 Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
 
Gubernur Jawa Barat N Ridwan Kamil melepas Program Mudik Gratis Pemda Provinsi Jawa Barat di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Minggu (16/4).
 
Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Ridwan Kamil memastikan perjalanan mudik tahun ini di wilayah Jawa Barat lebih lancar karena ada ratusan posko mudik untuk menjaga arus lalu lintas.
 
"Selamat mudik, didoakan selamat sampai tujuan. Kendaraan tolong dicek, kesehatan yang akan mudik tolong dicek. Insyaallah selamat sampai tujuan," kata Ridwan Kamil.
 
Setelah absen karena pandemi COVID-19, Pemda Provinsi Jabar kembali menggelar program mudik gratis bagi masyarakat. Lebih dari 12 ribu tiket gratis disediakan bagi masyarakat yang hendak mudik dengan tujuan Jateng dan Jatim.
 
"Saya sedang berada di Terminal Cicaheum melepas kurang lebih ada 12 ribu tiket bus dan kereta api untuk pemudik ke arah Jateng dan Jatim. Sehat-sehat. Silakan kembali lagi ke Jawa Barat dengan sehat walafiat," kata dia.

Baca juga: Di Terminal Cicaheum, gubernur Jabar tinjau arus mudik

Baca juga: Menghadapi mudik, Terminal Cicaheum lakukan sejumlah persiapan
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023