Bandung (ANTARA) -
Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, sejak H-7 sampai dengan H-4 (18 April) Lebaran Tahun 2023 ini telah memberangkatkan 6.889 pemudik ke berbagai daerah dengan menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP).
 
"Sejak H-7 hingga kemarin atau H-4 itu sudah memberangkatkan 6.889 (pemudik). Jumlah ini dibandingkan tahun 2022 naik sebesar 40 persen," kata Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung Roni Hermanto, ketika dihubungi ANTARA, Rabu.
 
Diprediksi lonjakan penumpang di Terminal Cicaheum, kata Roni, akan terus terjadi mengingat sekarang sudah memasuki libur cuti bersama.

Pada Rabu (19/4) pagi, bus rute angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) dan angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP), yang akan melayani pemudik Lebaran 2023 mengalami keterlambatan kedatangan di Terminal Bus Cicaheum Kota Bandung, Jawa Barat.
"Betul, tadi pagi ada keterlambatan kedatangan, tapi siang jam 12 an itu sudah bisa diatasi. Keterlambatan terjadi karena dari Limbangan (Kabupaten Garut) macet parah, lalu adanya pasar tumpah sehingga mengakibatkan keterlambatan bus Ke Cicaheum," kata Roni.
 
Akibat keterlambatan kedatangan bus tersebut, kata Roni, sempat terjadi penumpukan penumpang di Terminal Cicaheum Kota Bandung.
 
"Memang ada penumpukan penumpang namun alhamdulillah tadi sempat ada bantuan kendaraan dari Bus Budiman, jadi bisa terangkut. Jadi alhamdulillah teratasi, siang itu sudah terangkut," kata dia.
 
Terminal Cicaheum, Kota Bandung, dijadikan lokasi pelepasan Program Mudik Gratis Tahun 2023 Pemda Provinsi Jawa Barat.
 
Gubernur Jawa Barat N Ridwan Kamil melepas Program Mudik Gratis Pemda Provinsi Jawa Barat di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Minggu (16/4).
 
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023