Nah, di lantai dua kami menyediakan ruang tunggu sementara yang sudah bagus, sekarang lebih bagus....
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sebagai perusahaan pengelola Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok membenahi fasilitas ruang tunggu sementara untuk kenyamanan dan keamanan para penumpang selama periode mudik Lebaran 2023.

Koordinator Terminal Penumpang PT Pelindo Asep di Jakarta, Rabu, menjelaskan, renovasi fasilitas ruang tunggu di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok telah selesai sebelum memasuki arus mudik.

 Pembenahan tersebut meliputi penataan ulang bagi para pedagang, renovasi lantai dan atap agar penumpang dapat nyaman beristirahat.

“Nah, di lantai dua kami menyediakan ruang tunggu sementara yang sudah bagus, sekarang lebih bagus. Lantainya sudah dibenerin, atapnya juga demi kenyamanan penumpang. Warung-warung juga sudah ditata ulang. Kamijuga punya ruang buat para UMKM di sana,” jelas Asep.

Baca juga: Pelabuhan Tanjung Priok catat keberangkatan 173 pemudik hari ini

Pelindo juga telah menyediakan masjid dan dua mushola untuk mempermudah penumpang dalam menunaikan ibadah.

Selain itu, saat ini Pelindo tengah mengubah fasilitas gate system di pintu masuk terminal penumpang.

Asep menjelaskan, Pelindo merancang otomatisasi pada gate system agar mempermudah alur keluar masuk penumpang. Gate system dirancang menggunakan sistem tiket.

“Kami ada perbaikan gate system di terminal satu, di mana kalau selama ini kan terminal penumpang Tanjung Priok itu orang-orang masuk, pengantar bebas bisa masuk ke dermaga. Nah, nanti yang masuk itu hanya yang punya tiket saja. Hanya saat ini belum sempurna, lagi dalam proses,” jelasnya.

Baca juga: Pelindo Makassar catat pertumbuhan arus penumpang 169 persen

Rencananya gate system baru tersebut pertama kali akan diimplementasikan di Pelabuhan Tanjung Priok sebelum pelabuhan lain di Indonesia.

“Sistem ini akan diserentakkan di seluruh pelabuhan Indonesia ya, tapi diutamakan Tanjung Priok dulu. Kalau masih manual nanti susah ngaturnya,” ujar Asep.

Berdasarkan data dari Pelindo, jumlah kumulatif penumpang yang berangkat dari Tanjung Priok pada periode 7 April hingga 18 April 2023 mencapai 12.367 penumpang. Sedangkan penumpang yang turun di Tanjung Priok pada periode tersebut tercatat 9.269 penumpang.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023