Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyiagakan area traffic control system (ATCS) untuk merekayasa lalu lintas saat arus mudik hingga arus balik pada Hari Raya Idul Fitri 2023, sebagai upaya mengurai titik-titik kemacetan lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri Joko Suwono mengemukakan terdapat tujuh simpang jalan yang diberi ATCS. Layanan itu terhubung langsung dengan operator di Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri sehingga petugas langsung siaga mengurai kemacetan.

"ATCS ini untuk mengurai arus lalu lintas di beberapa simpang yang ada traffic light," kata Joko di Kediri, Rabu.

Ia menjelaskan, tujuh simpang yang terdapat ATCS antara lain simpang empat Branggahan, simpang empat Papar, simpang empat Bogo Plemahan, simpang tiga Kunjang, simpang tiga Tepus, simpang tiga Katang, dan simpang empat Paron.

Sementara itu, untuk untuk mengurangi penumpukan kendaraan di Simpang Mengkreng, Kabupaten Kediri, yang merupakan jalur antarprovinsi, pihaknya juga siap akan melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan pengalihan arus di simpang empat Papar.

Skema yang disiapkannya adalah dari arah Kediri menuju Jombang atau Surabaya di simpang empat Papar dialihkan ke arah timur lewat Kunjang-Pare.

"Sedangkan tujuan Madiun-Nganjuk dialihkan ke arah barat langsung ke Nganjuk. Ini agar mengurangi penumpukan kendaraan di Simpang Mengkreng," kata dia.

Joko juga menambahkan pihaknya telah menyiapkan 80 personel untuk bergabung bersama TNI-Polri dalam Operasi Ketupat Semeru 2023.

Personel Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri ditempatkan di pos-pos pengamanan di jalur mudik mulai 18 April hingga 1 Mei 2023.

"Ada juga petugas di pos jaga Kantor Dinas Perhubungan. Pada momen Lebaran ini, 80 personel kami terjunkan dengan TNI/Polri untuk pengamanan jalur mudik," kata Joko.

Sementara itu, terdapat 562 personel gabungan dari Polres Kediri, Kodim 0809, Polisi Militer, Senkom, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri disiagakan selama libur Lebaran 2023. Terdapat juga tambahan dari tim medis dan relawan.

Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho menjelaskan anggota disiagakan di enam pos pengamanan dan satu pos pelayanan. Mereka melakukan pengamanan sekaligus menjaga keamanan masyarakat selama Lebaran, yakni mulai tanggal 17 April hingga 1 Mei 2023.

Salah satu titik yang menjadi perhatian adalah Simpang Mengkreng, Kabupaten Kediri, yang rawan terjadi kemacetan.

"Memang dari catatan tahun lalu, Simpang Mengkreng menjadi atensi utama. Kami antisipasi kepadatan kendaraan," kata Kapolres. 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023