Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto 
mengingat pemudik yang memilih menggunakan sepeda motor pada Lebaran tahun ini agar lebih berhati-hati.

​​​​​​"Kami sebenarnya yang sangat khawatir adalah pemudik dengan moda transportasi roda dua karena roda dua ini kan badan langsung berhadapan dengan angin," katanya menurut keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Karyoto juga menyebutkan kalau pemudik sepeda motor akan terganggu konsentrasinya jika membawa beban di belakang berlebihan terlebih membawa anak-anak.

"Ini yang kami sangat sarankan kalau membawa anak kecil tidak untuk memilih roda kendaraan roda dua," katanya.

Karyoto menjelaskan, sebaiknya pemudik sepeda motor untuk lebih memilih menggunakan moda transportasi umum yang lain seperti kereta api.

"Nah sebenarnya pantauan kami juga tiket kereta api masih banyak masih, ada satu juta yang tersisa dan kalau ada pemudik yang mau mudik malam ini atau besok masih bisa membeli tiket kereta api, " katanya.

Baca juga: Pemprov DKI imbau masyarakat tidak mudik pakai sepeda motor
Baca juga: Dishub DKI sebut rencana ganjil genap motor belum final

Mantan Deputi Penindakan KPK ini juga menambahkan,  berdasarkan pantauan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) sampai saat ini belum ada kecelakaan yang dilaporkan dari kendaraan roda dua.

"Kalau roda empat tadi di jalan tol MBZ (Mohammed bin Zayed) ada laka beruntun empat kendaraan dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa semuanya masih bersifat materil, " ucapnya.

Karyoto juga mengimbau kepada pemudik untuk selalu berhati-hati dan jika memang sudah lelah lebih baik beristirahat di pos-pos yang telah tersedia di jalur-jalur mudik.

"Artinya ini banyak sekali pos- pos pelayanan dan keamanan yang didirikan berbagai macam sponsor mungkin dari minuman, makanan, manfaatkan. istirahat dengan cukup kalau sudah cukup, silahkan berangkat lagi," katanya. 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023