Mojokerto (ANTARA) -
Petugas Kepolisian Resor Mojokerto Kota, Jawa Timur meningkatkan pengamanan di sejumlah toko emas di kota setempat dalam rangkaian kegiatan Operasi Ketupat Semeru 2023.

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Wiwit Adisatria di Mojokerto, Kamis mengatakan menjelang Lebaran seperti sekarang ini masyarakat semakin memadati sejumlah pertokoan, salah satunya toko emas.

"Momen ini tentunya dapat menjadi sasaran empuk tindak kejahatan. Polres Mojokerto Kota Polda Jatim melakukan patroli di komplek pertokoan emas Jalan Majapahit Kota Mojokerto," katanya.
 
Ia mengatakan, dalam rangka Operasi Ketupat Semeru 2023 Polres Mojokerto Kota mengerahkan satuan tugas preventif untuk mengimbau masyarakat secara langsung dan juga memantau kondisi di sekitar pertokoan emas.
 
"Dikhawatirkan momen jelang Lebaran ini dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan," katanya.
 
Ia mengatakan, petugas kepolisian mengimbau agar masyarakat yang akan melakukan transaksi supaya tetap berhati hati dan menjaga barang bawaannya. Selain itu kepada karyawan toko serta petugas keamanan di toko perhiasan untuk meningkatkan kewaspadaan.
 
"Kami harapkan saat menjelang Lebaran seperti sekarang ini tidak menjadikan terlena dengan meriahnya sekitar. Akan tetapi, terus tingkatkan kewaspadaan terhadap tindak premanisme, dan aksi terorisme," ujarnya.
 
Pihaknya juga meminta kepada masyarakat jika menemui hal yang mencurigakan atau membahayakan dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat agar segera dilaporkan ke pihak kepolisian secara langsung maupun melalui Call Center 110.

"Segera laporkan kepada petugas kepolisian terdekat jika mengetahui ada tindakan yang mencurigakan di masyarakat guna menjaga keamanan dan ketertiban umum," ucap dia.

Di sisi lain, saat mudik Lebaran tahun ini Petugas Kepolisian Resor Mojokerto Kota menghadiri pos pelayanan bertemakan pahlawan super Shazam yang bisa dinikmati oleh pemudik Lebaran saat melintas di pintu keluar tol Penompo, Mojokerto, Jawa Timur.

"Salah satunya pos pelayanan (posyan) milik Polres Mojokerto Kota yang mempunyai fasilitas lengkap. Posyan ini juga unik dengan menonjolkan Superhero Shazam," katanya.

Ia mengatakan, posyan tersebut terletak di Exit Tol Penompo, Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) dengan bentuk dan hiasan posyan ini seluruhnya bercorak pahlawan super Shazam.

"Jadi pembuatan posyan ini terinspirasi Film Shazam yang rilis tahun 2018 dan sekuelnya 'Shazam! Fury of the Gods' yang dirilis Maret 2023," ucapnya.

Baca juga: Kapolri: TNI/Polri jamin kemananan pemudik sampai ke kampung halaman
Baca juga: Kapolri minta jajaran antisipasi 40 persen pemudik lewati Cikampek
Baca juga: Polri pertimbangkan perpanjang rekayasa "one way" hingga Kamis siang

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023