Mojokerto (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, Jawa Timur menyalurkan bantuan cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) yang bersumber dari anggaran Pemerintah Kabupaten Mojokerto dan Provinsi Jawa Timur untuk ribuan warga di enam desa yang terdampak banjir.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Mojokerto, Sabtu mengatakan bantuan tersebut diperuntukkan bagi warga terdampak banjir di enam desa, yakni Desa Tunggalpager, Kecamatan Pungging, Desa Kebondalem, Kecamatan Mojosari, Desa Kaligoro, Kecamatan Kutorejo, Desa Sumolawang, Kecamatan Puri, serta Desa Tinggarbuntut dan Pekuwon, Kecamatan Bangsal.

Bantuan yang disalurkan tersebut berupa beras 10 kilogram untuk masing-masing keluarga terdampak banjir, serta bantuan satu paket sembako dari Pemerintah Provinsi Jatim.

"Beras ini merupakan cadangan pangan dari pemerintah daerah untuk hal-hal yang darurat seperti ini," ujar Bupati Ikfina, saat menyalurkan bansos secara langsung di Pendapa Desa Tunggalpager, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Ia mengatakan bantuan tersebut tidak hanya dari pemerintah Kabupaten Mojokerto namun juga didapatkan dari Pemerintah Provinsi Jatim.

"Ini juga pemerintah kabupaten meminta bantuan kepada provinsi, nanti di dalamnya juga ada beras 3 kilogram, mi instan 5, kecap, minyak, sarden, dan gula pasir," katanya.

Baca juga: Pemkab Mojokerto terima bantuan darurat bencana dari BNPB

Ia mengajak agar seluruh warga tetap bersyukur atas apa yang terjadi selama ini karena masyarakat masih diberikan kesehatan.

"Saya mengajak kita semuanya agar tetap bersyukur, yang hilang hanya harta. Alhamdulillah kita tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, kita masih diberikan nikmat iman dan kesehatan," ucapnya.

Pihaknya tengah mengupayakan pembenahan pembangunan tanggul yang jebol agar lebih kuat agar tidak terjadi banjir kembali.

"Saya juga upayakan untuk tanggulnya ini supaya bangunannya kuat sehingga nanti hal ini yang membutuhkan masyarakat semuanya terjamin keselamatannya," tuturnya.

Diketahui dalam penyerahan bantuan beras CPPD tersebut Bupati Ikfina di dampingi oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Mojokerto, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan (Dispari) Kabupaten Mojokerto, Forkopimca dan kepala desa setempat.

Baca juga: Pemkot Mojokerto maksimalkan rumah pompa tangani banjir
Baca juga: Pemkab Mojokerto buka layanan kesehatan korban banjir

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024