Sampai saat ini, dengan kondisi bandara yang semakin dipadati pemudik jelang Lebaran.
Samarinda (ANTARA) - Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda, mengingat masih padatnya penumpang yang didominasi pemudik yang berangkat,  mempersiapkan tiga extra flight atau penerbangan tambahan per hari selama puncak arus mudik Lebaran 2023.

"Sampai saat ini, dengan kondisi bandara yang semakin dipadati pemudik jelang Lebaran, kami sudah menyiapkan tiga tambahan penerbangan per hari selama puncak arus mudik," kata Kepala Seksi Teknik dan Operasi UPBU APT Pranoto Samarinda Dwi Muji di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis.

Dia mengemukakan, penerbangan tambahan saat ini adalah maskapai pesawat Super Air Jet dengan rute Surabaya-Samarinda-Surabaya, rute Surabaya-Samarinda-Yogyakarta, dan rute Yogyakarta-Samarinda-Surabaya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, situasi arus mudik di Bandara APT Pranoto sampai saat ini tercatat pergerakan penumpang sebanyak 3.174 orang, dengan didominasi penumpang yang berangkat sejumlah 1.933 orang.

"Untuk maskapai penerbangan di Bandara APT Pranoto didominasi pesawat Super Air Jet, Batik Air, Lion Air, dan Wing Air," kata Dwi Muji.

Dia mengatakan pengamanan bandara berjalan kondusif dengan adanya kerja sama dari para aparat kepolisian dan satuan petugas posko operasi ketupat, serta adanya pemeriksaan gratis dari Jasa Raharja.

Dia mengimbau agar para pemudik tetap mengedepankan kewaspadaan, supaya lebih hati-hati dengan barang bawaan jangan sampai berlebihan membawa barang di bagasi.

"Tak lupa kami mengingatkan kepada pemudik yang terbang melalui Bandara Samarinda, jangan membeli tiket pesawat melalui media sosial (medsos) seperti Facebook, WhatsApp serta Twitter yang menjanjikan tiket murah padahal modus penipuan," kata Dwi Muji pula.
Baca juga: Bandara APT Pranoto siapkan 16 penerbangan ekstra
Baca juga: Pengelola Bandara Samarinda imbau penumpang gunakan "web check-in"

Pewarta: Gunawan Wibisono/Fandi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023