Banda Aceh (ANTARA) - Otoritas pengelola Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar Angkasa Pura II menyatakan saat ini telah menerima surat permintaan penambahan jadwal penerbangan tujuan Banda Aceh-Kualanamu dalam rangka angkutan mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kami sudah menerima surat permintaan penambahan jadwal dari salah satu maskapai penerbangan dengan rute Banda Aceh-Kualanamu dan sebaliknya,” kata Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SIM Darmadi di Aceh Besar, Rabu.

Ia menjelaskan pihak maskapai penerbangan Lion Air meminta penambahan jadwal penerbangan rute Banda Aceh-Kualanamu untuk periode 2 sampai 7 April 2024 yang juga merupakan periode mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pihaknya berharap maskapai penerbangan lainnya dapat menyusul untuk mengajukan penambahan jadwal penerbangan apabila jumlah kursi yang tersedia melebih dari yang disiapkan.

Ia menambahkan untuk puncak angkutan mudik lebaran Idul Fitri di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar akan terjadi pada a April 2024.

Adapun jumlah pesawat domestik yang akan beroperasi di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda sebanyak enam maskapai yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Pelita Air dan Susi Air (perintis).

Kemudian untuk maskapai penerbangan internasional Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang dan Jeddah.

Kemudian untuk rute domestik terdiri dari Jakarta, Kualanamu dan untuk perintis Kutacane, Sabang, Simelue, Tapaktuan, Gayo Lues.

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar memiliki dimensi landas pacu 3000 x 45 meter dengan area parkir pesawat mampu menampung delapan pesawat.

Adapun untuk kapasitas terminal lebih kurang 1,5 juta penumpang per tahun dan lebih kurang 4 ribu penumpang per hari.

Baca juga: Bandara SIM siagakan 206 personel maksimalkan layanan mudik lebaran
Baca juga: Bandara SIM:Pelita Air tambah pilihan transportasi udara warga Aceh
Baca juga: Garuda gunakan pesawat berbadan besar di Aceh layani mudik lebaran

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024