Palangka Raya, Kalteng (ANTARA) -
Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, menyediakan penerbangan ekstra menghadapi periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

 
 
"Penambahan yang dilakukan untuk bandara kami adalah sebanyak satu penerbangan ekstra dengan tujuan Jakarta yang dimulai pada hari ini," kata Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut Ardha Wulanigara di Palangka Raya, Kalteng, Jumat.

 
 
Penyediaan penerbangan ekstra untuk tujuan Jakarta tersebut dilakukan karena menyesuaikan kebutuhan masyarakat di Palangka Raya.

 
 
Periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diproyeksikan terjadi peningkatan aktivitas penerbangan maupun mobilitas penumpang di Bandara Tjilik Riwut.

 
 
"Proyeksi pergerakan penumpang yakni mengalami kenaikan antara 10-15 persen selama periode Natal dan tahun baru ini," ucapnya.

 
 
Adapun di waktu normal rata-rata jumlah penerbangan per hari antara 15 hingga 18 kali penerbangan, dengan pergerakan penumpang di waktu normal antara 1.600 hingga 1.800 orang.

 
 
Tercatat hingga hari ini ada sebanyak tiga tujuan penerbangan dari Bandara Tjilik Riwut, yakni dua destinasi utama atau yang mendominasi adalah Jakarta dan Surabaya, serta rute lainnya adalah Balikpapan.

 
 
Lebih lanjut, Ardha menyampaikan pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi bersama pemangku kepentingan bandara guna memastikan kesiapan angkutan periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

 
 
"Berkaitan periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini kami juga sudah laksanakan berbagai persiapan, mulai dari personel maupun sinergi bersama instansi terkait," terangnya.

 
 
Dijelaskannya posko khusus monitoring angkutan periode Natal dan tahun baru untuk Bandara Tjilik Riwut mulai diaktifkan pada 18 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023