Kota Bengkulu (ANTARA) - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta seluruh masyarakat di wilayah Provinsi Bengkulu untuk saling toleransi dan menghargai perbedaan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
"Perbedaan tersebut disikapi dengan bijak, dengan toleransi yang tinggi. Silahkan yang mau berlebaran dengan keyakinan dan kepercayaan masing masing sebab semuanya sama dalam menentukan kalender 1 Syawal," kata dia Kota Bengkulu, Kamis.
 
Ia menyebutkan bahwa untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah, masih menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Pusat khususnya dari Kementerian Agama dan  Muhammadiyah telah menetapkan waktu pelaksanaan Shalat Ied pada Jumat (21/4).
 
Sementara itu, Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Bengkulu menerangkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan hisab akan merayakan Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023.

Baca juga: Muhammadiyah Kota Medan akan Shalat Idul Fitri di 54 lokasi besok

Baca juga: Pemkot Batam pusatkan shalat id di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah
 
Sebab pertemuan bulan dan matahari terjadi pada Kamis 20 April pada jam 11 siang. Kemudian Kamis sore, posisi bulan di atas ufuk, 1 derajat 45 dan posisi bulan saat matahari tenggelam, bulan sudah masuk di ufuk 2 derajat, dan dapat ditetapkan bahwa Jumat bertepatan dengan 1 Syawal.
 
Kemudian pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah yang dilaksanakan pada Jumat (21/04), pihaknya menyiapkan 81 titik yang berada di tujuh wilayah di Provinsi Bengkulu.
 
Ketua PW Muhammadiyah Bengkulu Syaifullah mengatakan bahwa untuk persiapan Sholat Idul Fitri di Kota Bengkulu terdapat 20 titik lokasi.
 
"Dalam menentukan titik lokasi tersebut, pengurus Mesjid Muhammadiyah Jalan Soeprapto juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, seperti aparat keamanan terkait penggunaan Jalan Soeprapto untuk tempat shalat," ujar dia.
 
Selain di Kota Bengkulu, pelaksanaan Shalat Idul Fitri juga dilaksanakan di Kabupaten Mukomuko dengan 10 lokasi, Kabupaten Bengkulu Utara 10 lokasi, Kabupaten Lebong ada tujuh lokasi.
 
Kemudian Kabupaten Rejang Lebong terdapat enam titik lokasi Shalat Ied, Kabupaten Kepahiang sembilan titik dan Kabupaten Bengkulu Selatan 19 lokasi dengan titik lokasi yang berbeda-beda.*

Baca juga: Kemenag: Ada 41 lokasi Shalat Idul Fitri di Denpasar Bali

Baca juga: Shalat Id tahanan KPK digelar di Pomdam Jaya Gunturo

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023