Desember ini masih merupakan puncak musim hujan di tahun 2012
Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Riau, mengingatkan sejumlah maskapai penerbangan yang beroperasi di sana untuk mewaspadai terjadinya hujan badai disertai petir.

"Pada bulan Desember 2012, diprakirakan aktifitas cuaca buruk seperti hujan yang disertai petir maupun angin kencang masih akan sering terjadi. Maskapai sebaiknya mewaspadai kondisi ini," kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Warih Budi Lestari, di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, hujan diserta petir dan angin kencang peluangnya cukup besar atau relatif sam dengan bulan November 2012.

Hal demikian menurut dia, sering kali memperngaruhi kenyamanan ata aktifitas penerbangan yang menggunakan wilayah atau jalur udara Provinsi Riau.

Sedangkan untuk kejadian kabut asap yang sering menganggu jalur penerbangan pesawat di atas udara Riau, demikian Warih, diprakirakan tidak bakal terjadi pada Desember ini.

Kondisi demikian menurut dia, disebabkan peluang distribusi hujan di wilayah Riau dan Sumatra kian meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

"Ini sebabnya, kami memprakirakan bulan Desember ini masih merupakan puncak musim hujan di tahun 2012," katanya.

Untuk arah angin di atas Riau menurut dia pula, pada umumnya bertiup dari arah yang bervariasi, namun masih dominan dari arah barat laut sampai dengan barat daya dengan kecepatan rata-rata lima hingga 26 kilometer per jam.

"Namun pada kondisi tertentu, kecepatan angin bisa lebih kencang atau bahkan mencapai 35 hingga 80 kilometer per jam," katanya.

Kondisi demikian kata dia, yang pada akhirnya menyebabkan peluang terjadinya petir di udara atas Riau kian besar hingga menganggu kenyamanan aktivitas transportasi penerbangan.
(KR-FZR)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012