Kami menunggu peningkatan, tapi belum muncul sampai sekarang.
Tangerang (ANTARA) - Pergerakan arus lalu lintas kendaraan pemudik yang melintas di Jalan Tol Tangerang-Merak melalui Gerbang Tol (GT) Cikupa Km 31 pada Kamis malam atau menjelang dua hari (H-2) Lebaran 1444 Hijriah/2023 mulai landai.

Kondisi lengangnya arus lalu lintas kendaraan mudik tersebut merupakan hasil pantauan dan koordinasi yang dilakukan oleh petugas Satuan Patroli Jalan Raya (Sat PJR) Tol Tangerang-Merak sejak sore pukul 15.00 WIB sampai malam pukul 22.00 WIB.

"Untuk saat ini dapat kami sampaikan informasi lalu lintas di Cikupa arah Merak kondisi saat ini landai, di GT Cikupa juga tidak ada antrean, semua lancar arah ke Merak, demikian pula sebaliknya arah ke Jakarta," ujar Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (Kasat PJR) Tol Tangerang-Merak Kompol Wiratno, di Tangerang, Banten, Kamis.

Ia menyebutkan, arus kendaraan yang melintas dari Jakarta mengarah ke Merak pada umumnya masih didominasi oleh mobil pribadi dan bus angkutan penumpang.

"Kami menunggu peningkatan, tapi belum muncul sampai sekarang. Tadi diprediksi habis Insya dan Tarawih itu ada peningkatan, namun ternyata belum ada kelihatan peningkatan," katanya pula.

Kemudian, katanya lagi, situasi arus kendaraan dari arah sebaliknya yaitu Merak menuju Jakarta yang keluar melalui GT Cikupa pun sejak kemarin tanggal 19 April 2023 masih terlihat landai tidak terjadi peningkatan.

"Ke Jakarta lebih landai lagi, dari Merak ke Jakarta tercatat hanya ada 1.159 kendaraan melintas per jamnya dan itu cukup imbang," ujarnya.

Ia mengungkapkan, peningkatan volume kendaraan yang melintas di GT Cikupa tertinggi yaitu dari pukul 22.00-23.00 WIB pada Kamis malam kemarin tercatat ada 3.039 kendaraan per jamnya.

"Tanggal 20 April ini sampai pukul 15.00 WIB sore itu tidak ada yang meningkat, semua masih di bawah tiga ribu, tertinggi ada di sore tadi sebanyak 2.395 kendaraan yang melintas per jam, itu jauh dari prediksi kami," katanya.

Meski demikian, ujar dia pula, pihaknya sampai saat ini tetap mengondisikan petugas di lapangan agar siaga satu dan waspada sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama periode arus mudik Lebaran tahun ini.

"Kami sudah siap untuk memantau kepadatan itu, kami bisa melakukan langkah-langkah untuk masyarakat atau pemudik yang akan pulang ke kampung halaman agar berjalan lancar," ujar dia.

Sebelumnya, berdasarkan data sebanyak 53.211 kendaraan telah melintasi GT Cikupa pada masa arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 pada Kamis siang.

Selanjutnya, untuk jumlah kendaraan pada H-3 tersebut mengalami penurunan bila dibandingkan pada H-4 Lebaran. H-4 Lebaran terdapat sebanyak 54.982 kendaraan mengarah ke Merak lewat GT Cikupa.

Namun, untuk data H-2 kendaraan yang melintas Tol Tangerang-Merak, kata dia, masih dalam proses. diperkirakan volume kendaraan masih padat sampai Jumat (21/4) dini hari.
Baca juga: 60.092 kendaraan lintasi GT Cikupa Tangerang pada H-4 Lebaran
Baca juga: 3.000 mobil melintas di GT Cikupa pada puncak mudik Lebaran 2023.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023