Pada Jumat (22/12) terdapat lebih dari 100 ribu kendaraan atau naik 28,12 persen dibandingkan hari sebelumnya, Kamis (21/12)
Cirebon (ANTARA) -
Operator Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau Astra Tol Cipali mencatat 377.122 kendaraan sudah melintas di ruas tol tersebut pada periode 18-22 Desember 2023 serta jumlahnya diakumulasikan meningkat selama momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
“Volume kendaraan lalu lintas Astra Tol Cipali terpantau mengalami peningkatan. Pada Jumat (22/12) terdapat lebih dari 100 ribu kendaraan atau naik 28,12 persen dibandingkan hari sebelumnya, Kamis (21/12),” kata Kepala Divisi Operasi ASTRA Tol Cipali Sri Mulyo saat dikonfirmasi di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu malam.
 
Sri menyampaikan situasi arus lalu lintas di Jalan Tol Cipali hingga kini masih ramai lancar, dengan volume kendaraan roda empat yang terus meningkat.
 
Pihaknya memprediksi, pada Sabtu (23/12) malam ini menjadi puncak kedatangan para pemudik yang melakukan perjalanan melalui Jalan Tol Cipali.
 
Berdasarkan perhitungan, kata dia, volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Cipali kali ini bakal menyentuh jumlah 97.717 kendaraan.

Baca juga: 97.177 kendaraan diprediksi melintas Tol Cipali di puncak mudik Natal

Baca juga: Pengelola Tol Cipali antisisipasi lonjakan kendaraan pada libur Natal
 
“Namun melihat jumlah volume pada hari sebelumnya, jumlah ini diperkirakan dapat terus meningkat,” ungkap Sri.
 
Dalam menghadapi lonjakan jumlah kendaraan, tutur dia, Astra Tol Cipali bersama kepolisian setempat memberlakukan sistem "contraflow" secara parsial untuk mengurai kepadatan di ruas tol tersebut.
 
Dia menyebutkan "contraflow" diterapkan di KM 117-132 arah Cirebon pada pukul 10.50 WIB serta KM 162-169 arah Cirebon pada pukul 13.30 WIB.
 
“Jadwal pemberlakuan ini menyesuaikan dengan kondisi arus lalu lintas di lapangan,” ujarnya.
 
Sri mengimbau para pengendara yang melintas di Jalan Tol Cipali perlu memperhatikan hal-hal terkait keselamatan baik dari segi kondisi kendaraan, menaati rambu-rambu lalu lintas, dan memasang aplikasi peta digital untuk mengetahui posisi kendaraan.
 
“Apabila sudah mengemudi selama empat jam, pengemudi diharapkan segera berhenti di rest area terdekat atau keluar gerbang tol terdekat untuk dapat beristirahat dengan maksimal,” ucap dia.

Baca juga: Jasa Marga operasikan jalur fungsional tol Jakarta-Cikampek II Selatan

Baca juga: Jasa Marga prediksi puncak arus mudik Natal 2023 pada Sabtu
 
 

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023