pada 21 Desember 2023 jumlah penumpang sebanyak 32.947 orang, naik 3,5 persen dari hari sebelumnya 20 Desember 2023 sebanyak 31.830 orang
Makassar (ANTARA) - Jumlah penumpang arus mudik Hari Raya Natal 2023 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, pada 21 Desember 2023 mengalami kenaikan 3,5 persen dibanding 20 Desember 2023.

"Tercatat pada 21 Desember 2023 jumlah penumpang sebanyak 32.947 orang, naik 3,5 persen dari jumlah hari sebelumnya 20 Desember 2023 sebanyak 31.830 orang," sebut General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Taochid Purnomo Hadi melalui siaran persnya di Kabupaten Maros, Sulsel, Jumat.

Menurut dia, di momen liburan Natal ini, Bandara Sultan Hasanuddin terlihat lebih ramai dibandingkan hari biasanya karena arus penumpang yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Hal ini terjadi, kata dia, karena prediksi puncak arus mudik Natal dan tahun baru diperkirakan terjadi pada 22 Desember 2023 dengan jumlah penumpang yang datang diprediksi mencapai 34.000 orang.

"Setelah beberapa penerbangan tambahan masuk ke kami, kami lakukan penghitungan prediksi ulang untuk puncak arus mudik," kata Taochid.

Sedangkan data jumlah keseluruhan penumpang yang datang maupun berangkat melalui Bandara Sultan Hasanuddin mulai 19-21 Desember 2023 tercatat sebanyak 94.787 orang dengan jumlah pergerakan pesawat sebanyak 713 unit.

Baca juga: Posko Terpadu di Bandara Hasanuddin resmi beroperasi

Baca juga: Bandara Sultan Hasanuddin kembali imbau penggunaan masker


Selain itu, untuk memberi kesan terbaik kepada penumpang, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin juga membagikan mawar merah kepada penumpang wanita di bandara setempat.

Pemberian bunga tersebut sebagai bentuk memperingati Hari Ibu Nasional yang jatuh pada 22 Desember 2023 pada Jumat ini. Sebanyak 50 bunga dibagikan oleh Direktur Operasi PT Angkasa Pura I, petugas Customer Service dan bekerja sama dengan Ibu Persatuan Istri Angkasa Pura (Periskapura).

"Di hari yang spesial ini, kami berikan bunga dan ucapan Selamat Hari Ibu Nasional ke pengguna jasa bandara khususnya penumpang wanita. Kegiatan ini salah satu upaya pengelola bandara untuk menciptakan customer experience." tutur Taochid.

Dia menambahkan, terlihat wajah senang dari para penumpang perempuan yang menerima bunga dari pengelola bandara. Penumpang Wanita atau ibu yang mendapatkan bunga, beberapa di antaranya sedang bersama keluarga untuk berlibur.

Baca juga: Bandara Hasanuddin layani operasi penerbangan kargo ke Hongkong

Baca juga: Bandara Hasanuddin terima jamaah haji kloter terakhir

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023