Jayapura (ANTARA) - Sebagian warga Muslim di wilayah Provinsi Papua menunaikan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah pada Jumat pagi, lebih awal dari waktu perayaan yang ditetapkan pemerintah pada Sabtu (22/4).

Sekitar 1.500 umat Islam di Kota Jayapura, Jumat pagi memadati halaman parkir gedung pasca-sarjana kampus Universitas Cenderawasih di Abepura untuk melaksanakan shalat Id 1444 H.

Ketua Panitia Shalat Id Muhammadiyah Kota Jayapura Udin Ramazakir kepada Antara, Jumat mengatakan, ribuan umat Islam yang melaksanakan shalat Id di lapangan halaman Uncen bukan saja berasal dari warga Muhammadiyah tetapi masyarakat umum yang ingin melaksanakan shalat Id.

"Memang yang hadir untuk melaksanakan shalat Id 1444 H, Jumat (21/4) bukan saja warga Muhammdiyah tetapi warga lainnya yang ingin melaksanakan shalat Id hari ini, " kata Udin.

Dikatakannya, dalam shalat Id kali ini yang menjadi imam adalah Ustaz Muhammad Afdal dan penceramah Ustaz Yazid Saifudin.

Baca juga: Jamaah Muhammadiyah Jaktim tidak melakukan takbir keliling

Baca juga: Haedar Nashir apresiasi Menag ayomi perbedaan Lebaran


Shalat Id 1444 H dimulai pukul 07.00 WIT, kata Udin Ramazakir.

Wakil Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Papua Suwito secara terpisah menjelaskan pelaksanaan shalat Id tidak saja di lakukan di halaman parkir pasca sarjana Uncen karena ini hanya dihadiri warga Kota Jayapura, sedangkan di Kabupaten Jayapura dilaksanakan di Sentani.

Demikian pula di Kabupaten Keerom di laksanakan di halaman panti asuhan Muhammadiyah di Arso, jelas Suwito.

Baca juga: Muhammadiyah Aceh pusatkan shalat Idul Fitri di lapangan kampus Unmuha

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023