Jamaah yang hadir untuk melaksanakan shalat id dari 15 masjid dan 10 mushala di Distrik Heram
Jayapura (ANTARA) - Sekitar 750 lebih umat Islam se-Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua mengikuti shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Lapangan TNI dari Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) 10 Waena, Sabtu (22/4) 2023.

Shalat Idul Fitri yang dimulai pukul 06.30 WIT dipimpin imam ustadz H Abdul M Rumaday dan sebagai khatib ustadz Faqhuddin.

Uztadz Faqhuddin dalam khotbahnya mengatakan meski Ramadhan telah berlalu namun umat harus terus melestarikan nilai-nilai Ramadhan serta menjaga semua amal ibadah.

"Karena sesungguhnya Ramadhan melatih kami untuk bertakwa. Takwa yang diharapkan bukan di bulan Ramadhan saja saja melainkan takwa itu harus dibawa 11 bulan ke depan," katanya.

Menurut dia  dengan begitu agar semua nilai-nilai Ramadhan tetap terjaga dan ketika beristiqomah akan mendapatkan tempat terbaik dari Allah.

Dia mengajak semua umat untuk meminta ampun atas kesalahan yang selama menjalani masa puasa Ramadhan karena itu umat harus selalu yakin dan percaya bahwa Allah maha pemaaf dan pengampun yang akan menghapuskan dosa-dosa umatnya.

"Tujuan puasa selama Ramadhan merupakan buah amal ibadah untuk menjadi orang bertakwa sehingga walaupun terasa sulit dan berat namun harus tetap dijalankan," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya mengajak semua umat Islam untuk selalu beramal dan menjaga kehidupan toleransi beragama di Kota Jayapura.

Sementara itu Ketua Panitia shalat Idul Fitri di Lapangan Denzipur X Waena, Warnadi mengatakan jamaah yang hadir untuk melaksanakan shalat id dari 15 masjid dan 10 mushala di Distrik Heram.

"Meski diguyur hujan tetapi tidak menurunkan semangat kami untuk melaksanakan shalat Idul Fitri," katanya.

Baca juga: Ribuan umat Islam Kota Jayapura shalat id di halaman parkir Uncen

Baca juga: Banjir di Heram Jayapura, jasa ojek rakit laku

Baca juga: Muhammadiyah Jayapura-Papua gelar shalat id 1444 Hijriah

Baca juga: Ribuan warga Jayapura shalat Id di Mapolda Papua

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023