Islamabad (ANTARA News) - Sedikitnya delapan penambang tewas dan 50 lainnya terluka dalam sebuah ledakan yang terjadi pada Senin dini hari di tambang batubara di wilayah barat laut Pakistan.

Berdasarkan laporan sejumlah pejabat dan media setempat yang dikutip kantor berita Xinhua, insiden tersebut terjadi di wilayah Doli, Lower Orakzai, yang merupakan salah satu wilayah pedalaman di barat laut Pakistan.

Pejabat pemerintah setempat mengatakan saat insident terjadi sebanyak 60 penambang sedang bekerja di tambang itu, sementara puluhan penambang lain untungnya sedang di luar tambang untuk menyantap sarapan mereka sebelum ledakan terjadi.

Laporan sementara mengatakan ledakan tersebut terjadi akibat gas yang tidak tersirkulasi baik karena tidak ada ventilasi yang layak di dalam tambang.

Menurut keterangan sejumlah saksi mata dan para penyelamat tangan pertama, sedikitnya tujuh penambang tewas di tempat sementara penambang lainnya terluka dan tidak sadarkan diri. Satu dari yang terluka kemudian meninggal akibat cederanya dalam perjalan ke rumah sakit.

Seluruh korban jiwa berasal dari Distrik Shangla yang terletak di provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Seminggu sebelumnya, ledakan serupa sempat terjadi di tambang lain di wilayah tersebut, yang menewaskan sedikitnya lima orang.

Penambang di Pakistan telah beberapa kali mengeluhkan kurangnya fasilitas keselamatan dan keamanan di tempat kerja mereka.

(P012/M016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012